Pemikiran KH Hasyim Asy’ari dan pendapat Ulama NU tentang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Siti (2020) Pemikiran KH Hasyim Asy’ari dan pendapat Ulama NU tentang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khoiriyah_A92216150.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tiga permasalahan tersebut kemudian penulis teliti dengan menggunakan dua pendekataan, yaitu pendekatan historis dan sosial-intelektual. Pendekatan historis digunakan untuk menjelaskan riwayat hidup KH. Hasyim Asy’ari baik menyangkut kepribadian, pendidikan, dan karir. Sedangkan pendekatan sosial-intelektual digunakan untuk menjelaskan bahwa pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tidak lepas dari guru-guru dan pengaruh masyarakat yang kemudian menimbulkan interaksi sosial antara satu pemikir dengan pemikir lain. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan masyarakat Ibn Khaldun. Metode yang digunakan penulis adalah metode sejarah dengan empat tahap, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: 1). KH. Hasyim Asy’ari adalah adalah seorang ulama sekaligus Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang merupakan keturunan dari Muhammad Asy’ari dan Halimah. Ia lahir di Jombang pada 14 Februari 1871 M. 2). Dari melihat bentuk peringatan Maulid Nabi yang dilakukan oleh masyarakat hingga menimbulkan kemungkaran maka ia mengeluarkan beberapa nasihat yang ia tulis dalam kitab At-Tanbi>hat Al-Wa>jiba>t Li Man Yasna‘ Al-Maulid Bi Al-Munkara>t sesuai dengan ajaran Islam. 3). Menurut pendapat beberapa ulama NU terhadap pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, bahwa mereka setuju, menerima baik nasihatnya dan mereka sebisa mungkin mengimplementasikan apa yang ditulisnya, serta meminimalisir terjadinya kemungkaran dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Sitiriak075@gmail.comA92216150
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnu--196808062000031003
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Pemikiran
Keywords: KH. Hasyim Asy’ari; Maulid Nabi Muhammad SAW; pemikiran.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Siti Khoiriyah
Date Deposited: 13 Nov 2020 09:18
Last Modified: 13 Nov 2020 09:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45012

Actions (login required)

View Item View Item