Pengorganisasian pelajar SMA Muhammadiyah di Surabaya dalam penyelesaian tawuran antar suporter

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Syahrul (2020) Pengorganisasian pelajar SMA Muhammadiyah di Surabaya dalam penyelesaian tawuran antar suporter. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahrul Ramadhan_F52918028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian untuk pengorganisasian ini, metode yang digunakan adalah metode Participatory Action Research (PAR). Pada dasarnya, PAR merupakan penelitian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan (stakeholders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengamalan mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Hal mendasat dilakukannya PAR adalah kebutuhan kita untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan. Peneliti ingin membangun kesadaran bersama Suporter SMA Muhammadiyah Surabaya agar bergerak bersama untuk menyelesaikan masalah tawuran di antara mereka. Dari penelitian ini ditemukan bahwa faktor penyebab terjadinya tawuran adalah adanya pengaruh dari para alumni ketika memberikan dukungan saat pertandingan untuk bertindak rusuh dan menimbulkan tawuran. Sedangkan faktor penyebab tidak terlaksananya penyelesaian masalah tawuran di antara mereka yaitu Pertama, tidak adanya pengetahuan tentang Aliansi Suporter Sekolah Muhammadiyah Surabaya (ASMS) sebagai wadah mediasi dan kolaborasi antar suporter. Kedua, tidak adanya kesadaran antar Suporter SMA Muhammadiyah tentang pentingnya penyelesaian tawuran. Terakhir, Tidak adanya konsensus dan peraturan yang mengikat tentang tawuran dan penyelesaian tawuran antar suporter SMA Muhammadiyah Surabaya. Dalam prosesnya peneliti dan Suporter SMA Muhammadiyah Surabaya melaksanakan aksi dalam penelitian ini yaitu membuat Focus Group Discussion (FGD) penyelesaian masalah tawuran secara daring atau online dikarenakan kondisi wabah Covid 19 yang belum membaik. Dampak secara internal dari aksi tersebut yaitu membaiknya hubungan antar Suporter SMA Muhammadiyah dan dampak secara eksternal yaitu dari pihak Sekolah SMA Muhammadiyah masing – masing mulai melabeli baik Suporter SMA Muhammadiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Syahrulrulsyahyusuf@gmail.comF52918028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Konflik sosial
Masyarakat Islam
Keywords: Pengorganisasian; Suporter SMA Muhammadiyah; Penyelesaian Tawuran.
Divisions: Program Magister > Ilmu Keislaman
Depositing User: S.Sos M.Ag Syahrul Ramadhan
Date Deposited: 19 Nov 2020 23:37
Last Modified: 19 Nov 2020 23:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44989

Actions (login required)

View Item View Item