Moderasi Beragama dalam Alquran: studi pemikiran M. Quraish Shihab dalam Buku Wasat}Iyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Mawaddatur (2020) Moderasi Beragama dalam Alquran: studi pemikiran M. Quraish Shihab dalam Buku Wasat}Iyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mawaddatur Rahmah_F52518215.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seorang muslim seharusnya mematuhi serta mengikuti panduan kitab suci Alquran, karena dengan menjadikan Alquran sebagai kitab petunjuk maka akan mengantarkan orang muslim meraih kebahagiaan di dunia dan keselamatan di akhirat. Islam sangat mengecam orang-orang yang ekstrim dalam keberagamaannya baik itu dalam sisi ibadah, akhlak maupun mu’amalah. Moderasi islam (Islam Wasat}iy>ah) menjadi diskursus yang sangat hangat. Dalam mengartikulasikan ajaran islam kadang muncul pandangan ekstrim oleh sebagian kelompok, sehingga memicu aksi-aksi intoleran dan kekerasan. Istilah ‘muslim moderat’ sering dipopulerkan oleh banyak kalangan yang fokus dalam gerakan pembaharuan dakwah Islam. Banyak ulama tafsir yang membicarakan istilah tersebut. Pembahasannya terinspirasi dari kandungan surat al-Baqarah ayat 143. Melihat latar belakang tersebut, penelitian dimaksudkan untuk menjelaskan penafsiran dan implementasi moderasi beragama menurut M. Quraish Shihab. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif analisis dengan jenis library research (penelitian bersumber pada kepustakaan). Dari uraian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa, pertama, penafsiran moderasi beragama menurut M. Quraish Shihab yaitu moderasi beragama ditandai dengan ilmu/pengetahuan, kebajikan, dan keseimbangan. moderasi beragama memiliki pengetahuan tentang syariat Islam dan kondisi objektif yang dihadapi masyarakat. Pendekatan pemikiran moderat tetap saja menjadikan teks sebagai tumpuan awal namun sama sekali tidak menutup ruang bagi rasionalitas dan ijtihad. Kedua, langkah-langkah utama dan penerapan moderasi beragama (wasat}iyyah) menurut M. Quaish Shihab yaitu pengetahuan atau pemahaman yang benar, emosi yang seimbang dan terkendali, kewaspadaan dan kehati-hatian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Mawaddaturmawaddaturrahmah27@gmail.comF52518215
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, Muh. Fathonimufah.hasyim@gmail.com2010015601
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahuqiefais@gmail.com / suqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Agama
Islam
Al Qur'an
Keywords: Moderasi Beragama; Alquran; Quraish Shihab.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rahmah Mawaddatur
Date Deposited: 10 Nov 2020 07:37
Last Modified: 10 Nov 2020 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44984

Actions (login required)

View Item View Item