Hubungan struktur komunitas dan indeks ekologi makrozoobentos sebagai bioindikator kualitas air dengan parameter fisika kimia di Sungai Candi, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Russo, Aldentio Emir (2020) Hubungan struktur komunitas dan indeks ekologi makrozoobentos sebagai bioindikator kualitas air dengan parameter fisika kimia di Sungai Candi, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldentio Emir Russo_H75214014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sungai Candi terletak di Kecamatan Candi, Sidoarjo. Penggunaan lahan di sekitar Sungai Candi sangat beragam berupa lahan pertanian, pemukiman masyarakat serta terdapat Pabrik Gula Candi. Adanya penggunaan lahan di dekat sungai dapat menyebabkan pencemaran sungai dari aktivitas masyarakat dalam penggunaan lahan yang mempengaruhi tingkat kualitas air. Dalam upaya mengetahui seberapa tinggi pencemaran air yang terjadi di Sungai Candi Sidoarjo, penelitian ini dilakukan berdasarkan struktur komunitas, kuantitas ekologi makrozoobentos yang selanjutnya dihubungkan dengan kondisi parameter fisika kimia pada Sungai Candi Sidoarjo. Dalam pengambilan kualitas air Sungai Candi Sidoarjo dibagi menjadi 3 Stasiun, yaitu daerah tanpa aktivitas manusia, aktivitas pabrik Gula Candi, aktivitas pemukiman. Hasil penelitian pada Sungai Candi Sidoarjo diperoleh keberadaan sebaran makrozoobentos Kelas Gastropoda, Bivalvia dan Oligochaeta. Berdasarkan nilai indeks keanekaragaman pada Stasiun 1 dan 2 memiliki nilai 1,99 dan 1,22 termasuk keanekaragaman sedang (tercemar sedang) dan Stasiun 3 memiliki nilai 0,32 termasuk keanekaragaman rendah (tercemar berat). Nilai indeks keseragaman pada Stasiun 1 memiliki nilai 0,90 kategori (keseragaman tinggi), Stasiun 2 memiliki nilai 0,56 kategori (keseragaman sedang), dan Stasiun 3 memiliki nilai 0,14 kategori (keseragaman rendah). Nilai indeks dominansi pada 3 stasiun termasuk dalam kategori rendah yaitu dengan kisaran 0,00 - 0,15. Hasil uji korelasi parameter perairan dengan indeks ekologi menggunakan SPSS diperoleh hasil parameter suhu, pH, TSS, BOD dan COD memiliki nilai korelasi negatif. Berbeda halnya dengan parameter DO yang memiliki nilai korelasi positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Russo, Aldentio EmirAldentior@gmail.comH75214014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, IdaMunfarida@uinsby.ac.id198411302015032001
Thesis advisorSetyowati, Diah NugraheniNugraheni_diah@yahoo.com198205012014032001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Sungai Candi; kualitas air; makrozoobentos; struktur komunitas; indeks ekologi; korelasi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Aldentio Russo
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:09
Last Modified: 10 Nov 2020 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44977

Actions (login required)

View Item View Item