Supervisi Manajerial dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Puput Ayu (2020) Supervisi Manajerial dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puput Ayu Wulandari - D93216061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul tentang Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Hal ini di latar belakangi oleh pengawasan terhadap pengelolaan manajemen untuk meningkat pelayanan administrasi pendidikan di sekolah, untuk mencapai hal tersebut perlu adanya kegiatan supervisi manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi manajerial di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo, untuk mendesripsikan pelayanan administrasi pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo, untuk mendeskripsikan dan menganalisis supervisi manajerial dalam meningkatkan pelayanan adminitrasi pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian hubungan masyarakat, dan kepala tata usaha. Obyek penelitian ini adalah supervisi manajerial yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan. Jenis penelitian adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasil, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis dengan penyajian data, reduksi data dan dilakukan penarikan kesimpulan sedangkan, untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan uji coba menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Objek penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo yang merupakan sekolah favorite dan memiliki program kerja sekolah yang unggul. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi supervisi manajerial di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo yang dilakukan oleh kepala sekolah dan Ketua Tata Usaha bentuk implementasi supervisi dalam meningkat pelayanan administrasi pendidikan meliputi perencaanan program, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai supervisi manajerial untuk meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan secara optimal sehingga dapat meningkat pelayanan administrasi pendidikan sehingga dapat meningkat mutu pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Puput Ayupuputayuwulandari48@gmail.comD93216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa’arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Supervisi Manajerial; Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puput Ayu Wulandari
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:24
Last Modified: 09 Nov 2020 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44947

Actions (login required)

View Item View Item