Peran supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pendidik di SMP Negeri 2 Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Dwi Retno (2020) Peran supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pendidik di SMP Negeri 2 Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Retno Agustin_D93316044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan melalui proses pemebelajaran, pendidik adalah komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran oleh karena itu kompetensi pendidik harus senantiasa ditingkatkan dimana dalam Peraturan Mentri Pendidikan Nomor 16 Tahun 2007 tentang tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Untuk mningkatkan kompetensi pendidik antara lain melakukan supervisi akademik, dalam pelaksanaan supervisi akademik tidaklah luput dari peran supervisi akademik, melalui peran tersebut supervisor mampu mengetahui kompetensi pendidik yang belum terpenuhi dan memberikan tindak lanjut untuk menbingkatkan kompetensi tersebut. Fokus penelitian ini adalah (1) Peran supervisi akademik di SMP Negeri 2 Pterongan Jombang. (2) Kompetensi Pendidik di SMP Negeri 2 Peterongan Jombang. (3) Peran Supervisi Akademik dalam meningkatkan Kompetensi pendidik di sMP Negeri 2 Peterongan Jombang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini akan mendeskriptifkan peran supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pendidik di SMP Negeri 2 Peterongan Jombang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah , Waka Kurikulum dan pendidik di SMP Negeri 2 Peterongan Jombang. Penelitian ini mendeskripsikan bahwa : (1) peran supervisi akademik yang dilaksanakan mulai dari mengkoordinasi program belajar mengajar, sebagai konsultan dimana pendidik mengkonsultasikan masalah yang dialami, sebagai pemimpin kelompok untuk mengembangkan ketrampilanpendidik dan sebagai evaluator yang mampu membantu pendidik dalam penilaian. (2) kompetensi pendidik yang memiliki empat kompeten yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi soisla dan terahir kompetensi professional.(3) peningkatan kompetensi pendidik melalui peran supervisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Dwi Retnoagustin.dwiretno97@gmail.comD93216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.com2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: peran supervisi; kompetensi pendidik,
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwi Retno Agustin
Date Deposited: 09 Nov 2020 12:19
Last Modified: 09 Nov 2020 12:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44946

Actions (login required)

View Item View Item