Manajemen arsip dalam meningkatkan tertib administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Dwi Ayu (2020) Manajemen arsip dalam meningkatkan tertib administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Ayu Novitasari_D93216076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen arsip di MAN Kota Surabaya, tertib administrasi di MAN Kota Surabaya, dan manajemen arsip dalam meningkatkan tertib administrasi di MAN Kota Surabaya. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Pegawai Tata Usaha bagian kearsipan, guru, dan siswa. Objek penelitian ini adalah manajemen arsip dalam meningkatkan tertib administrasi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan, dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan intrepretasi data dengan menggunakan 3 langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada proses pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa Manajemen Arsip di MAN Kota Surabaya dilaksanakan melalui 4 tahapan, yakni: tahap penciptaan atau penerimaan, tahap pengurusan dan pengendalian, tahap referensi, dan tahap penyusutan dan pemusnahan; Tertib administrasi di MAN Kota Surabaya sudah baik. Hal ini terlihat dari pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab yang jelas pada jabatan struktural madrasah dan staf atau pegawai tata usaha. Proses administrasi di MAN Kota Surabaya juga dilengkapi dengan peralatan perkantoran yang memadai; Manajemen arsip dalam meningkatkan tertib administrasi di MAN Kota Surabaya menunjukan bahwa pengelolaan sistem administrasi arsip mampu meningkatkan tertib administrasi. Hal ini dibuktikan dengan sistem administrasi madrasah yang mampu mendukung terlaksananya program-program madrasah setelah dikelolanya manajemen arsip dengan efektif dan efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Dwi AyuDwiayunov98@gmail.comD93216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@gmail.com2002087303
Subjects: Administrasi
Manajemen Pendidikan
Manajemen Perkantoran
Keywords: Manajemen; Arsip; Tertib Administrasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwi Ayu Novitasari
Date Deposited: 09 Nov 2020 12:42
Last Modified: 09 Nov 2020 12:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44945

Actions (login required)

View Item View Item