Trauma Healing oleh Corps Brigade Pembangunan (CBP): studi peran Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) Babat pada korban bencana alam di Kabupaten Lamongan, Tuban dan Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Muhammad (2020) Trauma Healing oleh Corps Brigade Pembangunan (CBP): studi peran Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) Babat pada korban bencana alam di Kabupaten Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad_F52918022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran pemuda dalam menanggulangi bencana alam dan penyembuhan trauma pasca terjadi bencana alam (Trauma Healing), Pada Penelitian ini penulis berhasil mengungkap peran dan strategi Corps Brigade Pembangunan (CBP) dalam struktur Organisasi Ikatan Pelajar nahdlatul Ulama’ (IPNU) Babat, Dalam menangani trauma pada masyarakat di Kabupaten Lamongan Tuban dan Bojonegoro yang disebabkan bencana alam. Penelitian yang menggunakan metode kualitatif ini mengumpulkan data primer dan sekunder yang didapat dari beberapa sumber, kemudian data yang diperoleh melalui dokumentasi, Observasi dan wawancara yang dilakukan dalam penulisan kemudian dianilisis secara deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini didapati peran CBP IPNU Babat berperan aktif dalam pencegahan trauma dan stres pada masyarakat, CBP Juga melakukan penyembuhan Trauma (Trauma Healing), Pasca terjadi bencana alam pada masyarakat terkhusus di tiga Kabupaten di Jawa Timur. (Lamongan, Tuban dan Bojonegoro). Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan bahwa (1) Aktifitas CBP IPNU Babat dalam menanggulangi bencana alam di Kabupaten Lamongan, Tuban dan Bojonegoro terbilang aktif sejak Pimpinan Cabang (PC) IPNU Babat didirikan pada tahun 2015 lalu. (2) Strategi CBP IPNU Babat dalam menangani Korban Bencana Alam di Kabupaten Lamongan, Tuban dan Bojonegoro terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap penanganan pra bencana alam, Penanganan ketika terjadi bencana alam dan Penanganan pasca bencana alam. (3) Penerapan Metode penyembuhan trauma (Trauma Healing), Dalam penelitian ini diperankan oleh CBP IPNU Babat. Dapat disimpulkan menemui keberhasilan, Sebagaimana beberapa pendapat yang ditemukan. Diantaranya saat mengaplikasikan metode Trauma Healing setelah bencana angin kencang di Kabupaten Bojonegoro. Temuan lain adalah ketika mengimplementasikan metode Trauma Healing Counseling Islam terhadap beberapa warga di Lamongan. Tindakan lain yang memperkuat adalah ketika CBP IPNU Babat memberikan bimbingan psikis terhadap keluarga korban. Diantaranya saat bencana tujuh santri Langitan tenggelam di bengawan Solo Tuban Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Muhammadakuanaknu@yahoo.comF52918022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Bencana alam
Psikologi > Psikologi Anak
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Trauma Healing; Stres; Peran IPNU Babat; CBP.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: muhammad muhammad muhammad
Date Deposited: 05 Nov 2020 23:03
Last Modified: 05 Nov 2020 23:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44894

Actions (login required)

View Item View Item