Isbat nikah massal dan implikasinya terhadap pencatatan pernikahan resmi di KUA Surabaya prespektif maqasid shari‘ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qibtiyah, Mariyatul (2020) Isbat nikah massal dan implikasinya terhadap pencatatan pernikahan resmi di KUA Surabaya prespektif maqasid shari‘ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mariyatul Qibtiyah_C91216165.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara serta dokumentasi dengan tujuan untuk memperoleh data yang pasti. Selanjutnya, dianalisis dengan teknik deskriptif, analisis dengan pola pikir deduktif, data juga dianalisis dengan menggunakan teori-teori umum Maqasid Shari‘ah terkait dengan pelaksanaan Isbat nikah massal yang kehadirannya kemudian dikhawatirkan memberikan implikasi terhadap pencatatan pernikahan resmi di KUA-KUA dalam Kota Surabaya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, ditemukan fakta bahwa keberadaan isbat nikah massal yang setiap tahun dilakukan membentuk pola pikir warga surabaya untuk melakukan penundaan dalam pencatatan pernikahan. Maka, setelah menganalisis menggunakan Maqasid Shari‘ah, membandingkan tingkatan keduanya ditemukan bahwa pencatatan pernikahan secara langsung termasuk dalam tingkatan dharuriyat, hal ini wajib dilakukan oleh masyarakat dikarenakan agar tidak melahirkan mafsadah yang lebih besar. Sedangkan isbat nikah massal dalam tingkatan hajiyat ini juga tidak dapat semena-mena untuk dihilangkan sekalipun ia menjadi salah satu faktor yang membentuk implikasi pada pencatatan pernikahan resmi di KUA, dan menjadikan semakin menjamurnya budaya nikah sirri. Berdasarkan uraian diatas, maka Pemerintah Kota Surabaya sebaiknya menyulitkan persyaratan pelaksanaan isbat nikah massal, agar masyarakat kemudian tidak mengutamakan untuk mengikuti isbat nikah massal terlebih dahulu daripada pencatatan pernikahan secara resmi dan langsung oleh KUA. Sebaliknya pemerintah beserta Pegawai Pencatat Nikah harus berupaya lebih keras untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya Pencatatan Pernikahan yang dilakukan secara resmi di KUA agar dapat terlindungi hak-hak dalam hal pernikahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qibtiyah, MariyatulMariyaelqibtiyah@gmail.comC91216165
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisaoki@uinsby.ac.id2004047405
Subjects: Fikih
Keywords: Nikah; Pernikahan Masal; Isbat nikah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mariyatul Qibtiyah
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:50
Last Modified: 09 Nov 2020 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44883

Actions (login required)

View Item View Item