Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai Multikultural melalui media lagu: studi kasus di SD Al-Ichsan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermawan, Jerry David (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai Multikultural melalui media lagu: studi kasus di SD Al-Ichsan Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jerry David Hermawan_F12318362.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai multikultural melalui media lagu (studi kasus di SD al-Ichsan Surabaya). Adapun rumusan masalah pada tesis ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan lagu oleh guru pendidikan agama Islam sebagai media pembelajaran di SD al-Ichsan Surabaya; 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai multikultural melalui media lagu di SD al-Ichsan Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sementara itu, dilihat dari metode penyajian data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai multikultural melalui media lagu (studi kasus di SD al-Ichsan Surabaya), menunjukkan bahwa: Media lagu yang digunakan guru pendidikan agama Islam di SD al-Ichsan Surabaya adalah lagu Deen Assalam karya Sulaiman al-Mughni dan lagu perdamaian karya KH Bukhori Masruri. Lagu Deen Assalam dipilih karena merupakan lagu favorit anak-anak dan sudah sering di dengar sehingga cocok digunakan pada siswa. Sedangkan lagu perdamaian memiliki syair yang pendek, sederhana, dan bisa diikuti oleh anak-anak. Apalagi kandungan makna yang dalam dan baik untuk di dengar, dipahami, dan mudah dihayati oleh anak-anak. Peran guru pendidikan agama Islam di SD al-Ichsan Surabaya menduduki posisi penting dalam menanamkan nilai multikultural pada siswa. Upaya guru dalam menanamkan nilai multikultural di SD al-Ichsan Surabaya adalah menggunakan media lagu Deen Assalam karya Sulaiman al-Mughni dan lagu perdamaian karya KH Bukhori Masruri. Berdasarkan dari hasil analisis tesis ini disimpulkan bahwa penggunaan media lagu dalam pembelajaran lebih menarik perhatian siswa. Melalui media lagu, siswa akan terbawa suasana hatinya ke dalam alunan kata-kata yang ada. Melalui media lagu dapat meningkatkan intelegensi siswa karena rangsangan ritmis mampu meningkatkan fungsi kerja otak, seperti membuat saraf-saraf otak bekerja serta menciptakan rasa nyaman, tenang dapat meningkatkan kemampuan, kreativitas, konsentrasi, dan daya ingat siswa menjadi optimal

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermawan, Jerry Davidjerrysmstr7@gmail.comF12318362
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Thesis advisorBakar, Yunus Abuelyunusy@gmail.com2015026502
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam; Nilai Multikultural; Media Lagu.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bastomi Bsy Mas Moh Imam
Date Deposited: 05 Nov 2020 22:34
Last Modified: 05 Nov 2020 22:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44865

Actions (login required)

View Item View Item