Faktor dalam menunjang konsentrasi belajar siswa kelompok A di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurnia, Atika Chandra (2020) Faktor dalam menunjang konsentrasi belajar siswa kelompok A di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atika Chandra Kurnia_D08216006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelompok A1 di RA Perwanida Surabaya dengan latarbelakang adanya gangguan konsentrasi yang dialami oleh anak usia dini. Gangguan konsentrasi ini dapat diperlihatkan dengan tidak adanya respon yang baik saat guru menyampaikan pembelajaran di kelas. Selain itu, dapat dilihat dari tingkah laku siswa yaitu posisi duduk yang belum menghadap ke depan, menyelesaikan tugas melewati waktu yang diberikan guru, adanya bantuan saat menyelesaikan tugas. Namun, gangguan konsentrasi yang dialami oleh siswa memiliki faktor penyebab dan faktor pendukung. Faktor-faktor yang menunjang ini terdapat dua sisi yaitu faktor fisik dan faktor psikis. Hal sangat penting untuk diperhatikan karena konsentrasi adalah kemampuan yang harus dimiliki untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana konsentrasi belajar siswa Kelompok A1 di kelas, dan mengetahui faktor apa saja yang dapat menunjang konsentrasi belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif Patton, dalam prosesnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta dalam penguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi belajar anak usia dini memiliki keterbatasan dengan rentang waktu 0-5 menit. Ciri-ciri yang ditunjukkan oleh siswa yang memiliki konsentrasi baik yaitu dengan menunjukkan posisi duduk menghadap ke depan, memahami instruksi yang diberikan guru, dapat menyampaikan pendapat yang dimiliki, dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan estimasi waktu yang diberikan oleh guru, serta dapat menceritakan kembali apa saja yang telah dipelajari saat mengikuti proses pembelajaran. Namun, dalam membentuk kemampuan konsentrasi yang baik memerlukan adanya faktor penunjang dan juga tidak terlepas dari faktor yang dapat mempengaruhi. Faktor- faktor tersebut diantaranya adanya faktor lingkungan, faktor fisik dan faktor psikis. Tetapi, faktor-faktor tersebut dapat dibentuk dengan adanya konsitensi dalam bimbingan yang diberikan kepada siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurnia, Atika Chandraatikachandra34@gmail.comD08216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Belajar
Keywords: Konsentrasi; Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Atika Chandra Kurnia
Date Deposited: 15 Nov 2020 03:20
Last Modified: 15 Nov 2020 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44819

Actions (login required)

View Item View Item