السجع في ديوان "حبيبتي" لنزار قباني(دراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2020) السجع في ديوان "حبيبتي" لنزار قباني(دراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah_A91216153.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ilmu balaghah dibagi menjadi tiga bagian، yaitu : ilmu bayan، ilmu ma`ani، dan ilmu badi`. Semuanya membahas tentang tata bahasa. Ilmu Badi` adalah ilmu yang mempelajari tentang keindahan suatu kalimat baik dari segi makna atau lafadznya. Ruang lingkup ilmu Badi` terbagi menjadi dua bagian، yaitu Muhassinat Lafdziyyah dan Muhassinat Ma`nawiyah. Pada Muhassinat Lafdziyyah terdapat Jinas، Iqtibas، dan Saja`. Saja` adalah kesesuaian dua kata terakhir pada huruf akhirnya (qafiyah). Objek penelitian ini adalahDiwan “Habibati” karya Nizar Qabbani. Karya ini adalah antologi puisi yang bertemakan kekasih. Dalam penelitian ini، peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kualitatif adalah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka. Sedangkan Deskriptif adalah mendeskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subyek yang diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data adalah dengan cara membaca berulang-ulang sehingga menemukan data-data yang mengandung saja`. Kemudian penulis menganalisis data-data yang telah ditemukan tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan، bahwa Diwan “Habibati” karya Nizar Qabbani mengandung unsur-unsur saja` yang berjumlah 185 data، yaitu terdiri dari 92 saja` mutharraf، 86 saja` mutawazi dan 7 saja` murassha`.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunel.uswah14@gmail.comA91216153
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmadsyaikhu.aljawi@gmail.com2008066801
Subjects: Puisi
Sastra
Keywords: Saja`; Diwan; Nizar Qabbani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 25 Jan 2021 23:47
Last Modified: 25 Jan 2021 23:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44799

Actions (login required)

View Item View Item