Pengorganisasian masyarakat dalam upaya peningkatan konsumsi obat alami melalui pemanfaatan pekarangan rumah di Dusun Delik Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviasari, Ika Nur (2020) Pengorganisasian masyarakat dalam upaya peningkatan konsumsi obat alami melalui pemanfaatan pekarangan rumah di Dusun Delik Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Nur Oktaviasari_B92216107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia dikaruniai dengan keanekaragaman hayati yang melimpah temasuk Desa Jombangdelik.Penelitian ini membahas tentang pengorganiasasian masyarakat dalam upaya peningkatan konsumsi obat alami dengan memanfaatkan pekarangan rumah.Tanah di desa Jombangdelik ini tergolong subur beberapa tumbuhan TOGA dapat tumbuh disana.Telah diketahui bahwa tanaman TOGa telah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun masyarakat belum memiliki kesadaran untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam TOGA padahal pekarangan disan cukup luas. Dalam proses pengorganisasian msyarakat ini menggunakan metode penelitian PAR (Participatory Action Research). Metode penelitian PAR ini melibatkan secara aktif partisipasi masyarakat mulai dari penggalian data, perumusan masalah, hingga proses aksi program. Karena penelitian PAR berbasis pada permasalahan yang terjadi di masyarakat maka proses penemuan masalah peneliti melibatkan masyarakat untuk menemukan permasalah tersebut. Strategi yang dilakukan peneliti yaitu melalui penyadaran masyarakat melalui pendidikan dan kampanye manfaat obat alami yang bisa ditanam di pekarangan masyarakat sendiri, memperkuat kelompok yang ada di masyarakat sebagai penggerak penanaman TOGA yaitu ibu PKK, dan advokasi kepada pemerintah dan lembaga terkait.Tujuan dari penelitian ini adalah terjadinya sebuah perubahan yang berkelanjutan didalam masyarakat dalam masalah kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviasari, Ika Nurikanur.oktavias@gmail.comB92216107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munirahmadkanzi65@gmail.com2017035901
Subjects: Pengobatan Tradisional
Keywords: Pengorganisasian; PAR; Tanaman TOGA.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ika Nur Oktaviasari
Date Deposited: 30 Oct 2020 03:54
Last Modified: 30 Oct 2020 03:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44798

Actions (login required)

View Item View Item