Konflik dan Infaq Pembangunan Masjid Jami’ Baitussalam: study kasus Pembangunan Masjid di Desa Serah Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Mohammad (2020) Konflik dan Infaq Pembangunan Masjid Jami’ Baitussalam: study kasus Pembangunan Masjid di Desa Serah Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Azmi_I73216072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni bagaimana proses pengumpulan dana pembangunan masjid di desa serah panceng gresik dan bagaimana konflik yang terjadi dalam pengumpulan dana pembangunan masjid di desa serah panceng gresik. Dalam proses pengumpulan infaq pembangunan masjid yang melibatkan masyarakat desa serah yang di tentukan nominalnya setiap KK (kartu keluarga) sesuai dengan apa pekerjaannya dan kondisi saat ini, hal ini menuai banyak pertentangan dari masyarak karena di rasa memberatkan dan menjadi beban untuk berinfaq. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi tentang konflik dan infaq pembangunan masjid jami’ baittusalam (study kasus pembangunan maasjid di desa serah) ini adalah teori konflik ralf dahrendof mengenai masyarakat sebagai arena konflik. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1) proses pengumpulan dana infaq yang dilakukan penggurus takmir masji jami’ baittusalam melalui berbaiga cara yaitu pengajuan proposal ke perusahaan-perusahaan terdekat dan melakukan penarikan infaq kepada masyarakat desa serah dengan menentukan nominalnya sesuai penghasilan dan kondisi saat ini. (2) konflik infaq pembangunan, infaq yang melibatkan masyarakat dengan cara melakukan penarikan infaq kepada masyarakat desa serah sesuai KK yang kemudian nominalnya di tentukan para pengurus takmir masjid sesuai penghasilan dan kondisi masyarakat saat ini, hal ini menjadi permaslahan karena banyak masyarakat yang menggeluhkan infaq tersebut, banyak masyarakat yang merasa terbebani dan di rugikan untuk berinfaq.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Mohammadaas09azmi@gmail.comI73216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id197008021997021001
Subjects: Masjid
Masalah sosial
Keywords: Konflik infaq; Proses sistem penarikan infaq pembangunan masjid.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Azmi Mohammad
Date Deposited: 30 Oct 2020 09:35
Last Modified: 30 Oct 2020 09:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44792

Actions (login required)

View Item View Item