Eksistensi Tafsir Nusantara : telaah terhadap Tipologi Tafsir Al-Ubairiz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Nadia Saphira (2020) Eksistensi Tafsir Nusantara : telaah terhadap Tipologi Tafsir Al-Ubairiz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Saphira Cahyani_E93216134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya ragam bahasa dalam penafsiran Alquran sebagai jembatan bagi umat yang awam atas pemahaman terhadap Alquran. Membaca Alquran sekalipun tanpa mengerti maknanya merupakan suatu kegiatan yang berpahala, akan tetapi seyogyanya kaum beriman merasa haus dengan hanya sekedar membaca Alquran itu sendiri tanpa mengerti maknanya. Melalui penerjemahan, Alquran dapat dinikmati maknanya oleh selruh lapisan masyarakat umat Islam. Terlebih jika bahasa yang digunakan variatif seperti Bahasa Jawa, Melayu, Sunda atau yang lainnya akan menghasilkan ruh tersendiri bagi para pembacanya. Penelitian ini dibedah menggunakan pendekatan Ulum Alquran dnegan fokus pada teori terjemah nya. Untuk menjawab permasalahan tersebut , maka digunakanlah model penggalian data secara Library research atau penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang bersumber dari Jurnal, buku, artikel, skripsi terdahulu dan juga karya ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini tipologi tafsir al-Ubairiz merupakan terjemah tafsiriyah, terlihat dari pemaknaan nya yang tidak hanya menafsirkan ayat dengan menyeluruh, tetapi hanya pada bagian gharaib saja. Bukan di golongkan kepada terjemah harfiyah, sebab menimbang pada beberapa pemaknaan nya yang terkadang penambahan makna yang lebih dari cakupan makna sehingga tafsir ini dilihat dari sifatnya lebih mengarah ke terjemah tafsiriyah. Kemudian, implikasi tafsir terhadap pemaknaan Alquran sangatlah beragam, yakni tafsir al-Ubairiz menjadi jembatan pemahaman Alquran terhadap masyarakat awam. tafsir al-Ubairiz juga menghidupkan kembali bahasa Jawa khas pantura yang sudah jarang digunakan. Tafsir al-Ubairiz mengandung pola hirakrki sosial dalam penafsirannya sehingga berdampak pula pada pembacanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Nadia Saphiranadiasaphiracahyani@gmail.comE93216134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Kebudayaan Jawa
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Al-Ubairiz; Terjemah Alquran; Jawa Pegon.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nadia Saphira Cahyani
Date Deposited: 30 Oct 2020 01:41
Last Modified: 30 Oct 2020 01:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44778

Actions (login required)

View Item View Item