Studi konstruksi sosial perempuan pada PT Ojek Syari tentang Gender dan Dakwah Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfaiza, Ulfi (2020) Studi konstruksi sosial perempuan pada PT Ojek Syari tentang Gender dan Dakwah Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfi Nurfaiza_F52718309.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada Studi Konstruksi Sosial Perempuan pada PT Ojek Syari tentang Gender dan Dakwah Islam. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Perempuan pada PT Ojek Syari dalam mengkonstruksi Gender dan Dakwah Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi informan. penelitian dipilih berdasarkan teknik snowballing dan purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dengan menggunakan identifikasi proses ekternalisasi, objektivasi dan Internalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Gender dikonstrusi oleh Perempuan pada PT Ojek Syari sebagai kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam hal peran bekerja. Peran publik yang identik dengan laki-laki harus mampu dilakukan oleh perempuan dengan menjadi wanita karir. Perempuan pada PT Ojek Syari tidak membedakan konsep gender dalam perspektif sosial, budaya dan agama. Peran dan tugas laki-laki maupun perempuan dapat dipertukarkan sebagai hasil dari konstruksi sosial Perempuan pada PT Ojek Syari. Dakwah Islam dikonstruksi Perempuan pada PT Ojek Syari sebagai aktivitas mengajak kebaikan yang diwujudkan dengan memberikan lapangan pekerjaan yang bertujuan agar perempuan memiliki motivasi hidup tinggi, mandiri, dapat menjalin hubungan dengan sesama muslim dalam wadah organisasi dan dibentuknya Syari Academy dalam organisasi dengan tujuan mengajak perempuan agar memiliki wawasan luas tentang agama dan lebih berkreatifitas dalam berkarya. Bagi Peneliti selanjutnya, diharapkan mampu mendalami dan mengerti terlebih dahulu konstruksi sosial yang akan diteliti. Karena konstruksi sosial merupakan hasil karya kreatif manusia dalam menciptakan realitas sosial serta proses konstruksi sosial dapat dijadikan masukan dan tambahan mata kuliah Progam Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfaiza, Ulfiulfi_faiza@yahoo.comF52718309
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Thesis advisorSalisah, Nimah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Gender
Dakwah > Dakwah - Motivasi Kerja
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Konstruksi Sosial; Gender; Dakwah Islam.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ulfi nurfaiza
Date Deposited: 26 Oct 2020 09:46
Last Modified: 26 Oct 2020 09:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44737

Actions (login required)

View Item View Item