Peran Suroso Imam Zadjuli dalam Pasar Shari‘ah al-Zaitun Kutisari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Islamiyah (2020) Peran Suroso Imam Zadjuli dalam Pasar Shari‘ah al-Zaitun Kutisari Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Islamiyah_F52918339.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul Peran Suroso Imam Zadjuli dalam pasar shari‘ah al-Zaitun Kutisari Surabaya ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran Suroso Imam Zadjuli dalam pasar shari‘ah al-Zaitun Kutisari Surabaya. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis naratif dan menggunakan pendekatan kualitatif. tekhnik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut bersumber dari Suroso Imam Zadjuli selaku pemilik pasar shari‘ah al-Zaitun dan para pelaku ekonomi di pasar shari‘ah al-Zaitun. Dari hasil data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teori peran dan konsep pasar dalam Islam. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa konsep pasar shari‘ah yang di buat oleh Suroso Imam Zadjuli bertujuan untuk memberikan keadilan bagi para pelaku ekonomi di pasar shariah, namun untuk penerapan konsep tersebut perlu adanya pengawasan eksternal atau dewan pengawas yang mengawasi mekanisme pasar, agar konsep dari pasar shari‘ah yang wajib ditaati oleh para pedagang di pasar dapat diterapkan dengan maksimal. Jika dilihat dari peran Suroso Imam Zadjuli dalam merencanakan, mengawasi, dan mengevalusi terkait pasar shari‘ah al-Zaitun masih kurang optimal, karena para pedagang di pasar merasa bahwa yang mereka dapatkan dari berbagai aspek layanan di pasar shari‘ah al-Zaitun Kutisari Surabaya belum sesuai harapan mereka. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan dapat dijadikan rujukan untuk penelitain selanjutnya, Dan dapat menjadi perantara sebagai penyampaian masukan dan saran demi terwujudnya kemaslahatan bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Islamiyahislamiyah.huri@gmail.comF52918339
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIslamiyah, Islamiyahislamiyah.huri@gmail.com2011116401
Thesis advisorArifin, Ah.Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Biografi
Keywords: Peran; Suroso Imam Zadjuli; Pasar Shari‘ah al-Zaitun.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Islamiyah Islamiyah
Date Deposited: 22 Oct 2020 08:48
Last Modified: 22 Oct 2020 08:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44698

Actions (login required)

View Item View Item