Fenomena mukbang dalam kitab hadis sahih Ibnu Hibban bi Tartibi Ibnu Balban nomor indeks. 674

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safi'i, Imam (2020) Fenomena mukbang dalam kitab hadis sahih Ibnu Hibban bi Tartibi Ibnu Balban nomor indeks. 674. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Safi'i_E95216061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rasulullah telah melarang umatnya untuk makan terlalu kenyang dengan menyebut tidak ada tempat yang lebih buruk dari pada perut. Namun belakangan ini muncul suatu fenomena baru yaitu kegiatan mukbang. Pada penelitian ini hadis nabi tentang larangan makan terlalu kenyang akan korelasikan dengan fenomena aksi mukbang dan mennggali fakta tentang dampak yang ditimbulkan dari segi akhlak dan kesehatan. Penelitian ini menitik beratkan pada kajian kritik sanad dan matan hadis serta memakai ilmu ma’ani al-hadis untuk memaknai hadis secara mendalam dan menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah menemukan data kualitas dan kehujjjahan hadis serta memperoleh pemaknaan yang selanjutnya mengkorelasikan makna tersebut dengan fenomena yang terjadi pada saat ini. Penelitian ini bersifat kepustakaan atau library researh, sehingga cara yang digunakan dalam proses analisisnya adalah mengumpulkan data-data kepustakan baik dari buku, kitab, dan jurnal. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab hadis Sahih Ibnu Hibban bi Tartib Ibnu Balban Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang memiliki relevansi dengan objek kajian. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kualitas hadis tentang adab makan dari Ibnu Hibban berderajat sahih li gairihi , dari segi pemaknaan hadis tersebut merupakan hadis yang sifatnya universal atau berlaku pada semua orang dan tidak berbatas pada waktu dan tempat. Korelasi yang bisa diperoleh dari peneltian ini adalah dari segi ahklak kegiatan mukbang merupakan kegiatan yang bertentangan dengan nilai-nilai etika khusunya etika ketika makan, sedangkan dari segi kesehatan, mukbang merupakan kegiatan yang sangat merugikan bagi kesehatan tubuh sebab mubang bisa mendatangkan penyakit dan merusak organ-organ penting dalam tubuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safi'i, Imamimamsony82@gmail.comE95216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Akhlak
Kesehatan
Kesehatan

Etika
Keywords: Mukbang; Sahih Ibnu Hibban.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Imam Safi'i
Date Deposited: 21 Oct 2020 08:00
Last Modified: 21 Oct 2020 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44691

Actions (login required)

View Item View Item