Strategi kebijakan kepemimpinan perempuan dalam politik lokal: studi kasus kepemimpinan Kepala Desa perempuan di Desa Moronyamplung Kembangbau Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jazilah, Shohifatul (2020) Strategi kebijakan kepemimpinan perempuan dalam politik lokal: studi kasus kepemimpinan Kepala Desa perempuan di Desa Moronyamplung Kembangbau Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shohifatul Jazilah_I71216053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti melihat adanya kepemimpinan seorang kepala desa perempuan yang memimpin selama 3 periode berturut-turut. Undang-undang No 6 Pasal 78 Tahun 2014 yang menjelaskan bahwa Tujuan Pembangunan Desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan mendasar serta kualitas kehidupan manusia yang sejahtera, memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanut serta pembangunan potensi ekonomi tingat lokal. Kedudukan kepala desa perempuan dalam memimpin harus bisa menunjukkan kemampuannya agar tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Oleh sebab itu kepala desa selalu menggunakan strategi yang kuat untuk membangun sebuah desa yang maju. Dari keingintahuan tersebut sehingga peneliti mengambil judul skripsi : Strategi Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan Dalam Politik Lokal Di Desa Moronyamplung Kecamatan Kembangbau Kebupaten Lamongan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi kepemimpinan yang telah diterapkan oleh kepla desa sehingga bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk terus memimpin di desa tersebut.untuk menjawab masalah tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian kualitatif ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teori yang digunakan memakai teori Kepemimpinan dan Kebijakan Publik. Hasil penelitian dapat ditarik dari beberapa kesimpulan yang sudah peneliti ambil. Kepala desa perempuan di desa moronyamplung sudah cukup baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala desa moronyamplung meskipun masih terdapat beberapa kendala di program-program pembangunan desa tapi masyarakat desa moronyamplung tidak pernah menyangkut pautkan masalah gender dalam kepemimpinan kepala desa. Strategi kepemimpina kepala desa adalah untuk menjadikan desa menjadi desa yang maju melalui visi misi yang sudah diterapkan oleh kepala desa, sehingga desa dalam proses pembangunan bisa berjalan sesuai dengan rancangan desa yang sudah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jazilah, Shohifatuljazilah1911@gmail.comI71216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaky, Ismailzaky.politikislam@gmail.com198212302011011007
Subjects: Kepala Desa
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan; Strategi kebijakan; Pembangunan desa.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: jazilah shohifatul jazilah
Date Deposited: 18 Oct 2020 10:33
Last Modified: 18 Oct 2020 10:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44628

Actions (login required)

View Item View Item