Mencari Tuhan melalui digital narrative di era post-truth dan implikasinya dalam studi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Andin Desna (2020) Mencari Tuhan melalui digital narrative di era post-truth dan implikasinya dalam studi Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andin Desnafitri_F02118034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk membedah wacana ketuhanan di era kontemporer dengan hadirnya internet sebagai alat dalam beragama. Dengan hadirnya internet ini manusia berbondong-bondong pindah menuju dunia maya untuk memuaskan hasrat keberagamaannya tanpa tahu bahaya dan akibat yang ditimbulkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan merupakan penelitian library research (studi kepustakaan). Data primer dan sekunder dianalisis menggunakan metode interpretasi, koherensi-intern dan kritik, menggunakan teori mencari Tuhan Tohirin Sanmiharja, Hermeneutika Gadamer, Teori kebenaran Michel William dan Post-truth Ralph Keyes Dengan pendekatan filsafat ketuhanan. Ada dua temuan dalam penelitian ini, pertama adalah dengan wacana ketuhanan, manusia dapat menemukan jati dirinya dalam sebuah kepercayaan yang ia yakini benar dan ia anut untuk mendapatkan keselamatan. Saat manusia sudah menemukan dirinya, ia akan menemukan Tuhannya seperti yang dikemukakan oleh Ibn Arabi. Kemudian, kebenaran agama yang menjadi kebenaran tertinggi dan mutlak dapat dikecoh dengan adanya post truth, maka dari itu dalam penafsiran kajian di internet secara mandiri ini dapat dilakukan dengan hermeneutika Gadamer untuk menemukan hasil yang objektif dari pembacaan teks tersebut. Temuan yang kedua yaitu, generasi millennial nyaman saat diperkenalkan Islam dengan mendasarkannya pada Islam cinta. Karena dari cinta tersebut membuat Islam menjadi agama cinta yang ramah dan menemukan kepercayaan dalam agama. Dengan begitu, internet dapat menjadi alat yang ramah dan ready to use untuk membantu manusia menemukan Tuhannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Andin Desnadesnandine@gmail.comF02118034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, M. Syamsulsamuda70@yahoo.com2029037201
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@gmail.com2016017501
Subjects: Internet
Islam
Tuhan
Keywords: Tuhan; Post-Truth; internet.
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Andin Desna fitri
Date Deposited: 18 Oct 2020 08:44
Last Modified: 18 Oct 2020 08:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44622

Actions (login required)

View Item View Item