Strategi kebijakan dalam pembangunan infrastruktur Desa: studi kasus di Desa Sidomulyo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santosa, Sari Bella Putri (2020) Strategi kebijakan dalam pembangunan infrastruktur Desa: studi kasus di Desa Sidomulyo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sari Bella Putri Santosa_I71216052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan desa merupakan bagian penting dalam pembangunan nasional. Berhasilnya pembangunan nasional termasuk pembangunan desa, ditentukan oleh pemerintah melalui berbagai kebijaksanaan di tingkat Provinsi hingga tingkat Desa, berhasilnya pembangunan di desa merupakan cermin dari seorang pemimpin Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa strategi kebijakan dalam pembangunan infrastruktur Desa sidomulyo. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kebijakan dalam pembangunan infrastruktur pada tahap Perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan berjalan sesuai dengan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) di Sidomulyo. Segala kegiatan Desa Sidomulyo telah melibatkan masyarakat setempat. Akan tetapi perencanaan pemerintah desa dalam mengalokasikan dana desa masih terbilang sangat minim. Perealisasian pembangunan di Desa juga di anggap belum merata di setiap dusunnya. Strategi kebijakan pembangunan infrastruktur desa menggunakan strategi yang sesuai dengan undang-undang No 6 Tahun 2014 yaitu Strategi Perencanaan, Strategi Pelaksanaan, Serta Strategi Pengawasan. Arah kebijakan Desa untuk Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang mendukung perekonomian desa, seperti jalan , jembatan, serta jalan infrastruktur strategis lainnya. Dalam strategi kebijakan pembangunan infrastruktur ini juga dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung kebijakan ini adalah sumber daya manusia/ masyarakat, faktor dana, akses sekolah, kemauan yang kuat dari masyarakat, dan seringnya banjir saat air sungai meluap. Sedangkan faktor penghambat kebijakan nya dari tingkat pendidikan, partisipasi masyarakat, budaya patrenalistik, serta penghambatan pada saat proses pembangunan infrastruktur/fisik desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santosa, Sari Bella Putrisaribella1307@gmail.comI71216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Mohammad--196005211986081001
Subjects: Pembangunan
Keywords: Strategi; Infrastruktur; Pembangunan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Sari Bella
Date Deposited: 03 Feb 2021 12:51
Last Modified: 03 Feb 2021 12:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44596

Actions (login required)

View Item View Item