Peran balai pelayanan dan rehabilitasi sosial penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) Sidoarjo dalam membina klien

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Fata, Rifqul Islam (2020) Peran balai pelayanan dan rehabilitasi sosial penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) Sidoarjo dalam membina klien. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifqul Islam al Fata_I03216023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni bagaimana peran Balai dalam membina klien dan apa saja program terkait untuk membina klien yang telah direhabilitasi dan kembali pulang ke lingkungan tempat tinggalnya. Dalam peran Balai dan proses pembinaan di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo terdapat bermacam-macam bimbingan dan pelatihan khusus dalam menyikapi atau mengadaptasikan klien dalam lingkungan sekitarnya. Proses pembinaan klien ini tidak bisa disamakan dengan proses pembinaan dalam pendidikan karena disini yang namanya klien ini adalah seseorang yang memang membutuhkan kebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi tentang Peran Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo dalam membina klien ini adalah teori fungsional Struktural Talcott Parsons yang mengemukakan tentang konsep tindakan voluntaristik sosial. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1) peran Balai pelayanan dan rehabilitasi sosial PMKS Sidoarjo dalam proses mengefektifkan klien yakni yang pertama fasilitator dari tenaga ahli pembimbing dan sarana atau alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembinaan sudah cukup memadai. Sehingga dalam prosesnya berjalan secara lancar dan rutin dalam menangani klien. (2) program-program di Balai pelayanan dan rehabilitasi sosial ini juga cukup maksimal diantaranya programnya yakni bimbingan agama, bimbingan sosial, bimbingan keterampilan yang meliputi budidaya ikan, pertanian, dan pembuatan paving. Proses pembinaan terhadap klien yang terdiri dari gelandangan, pengemis, dan psikotik bisa dikatakan menarik dan membutuhkan keahlian khusus dibidang pembinaan untuk menghadapinya. Karena yang dibina atau dibimbing ini bukan seperti orang-orang pada umumnya, akan tetapi orang-orang yang benar-benar membutuhkan kebutuhan khusus agar bisa kembali menjalankan fungsi sosialnya sebagaimana manusia adalah makhluk sosial yang tak luput dari masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Fata, Rifqul Islamrifqulislamalfata@gmail.comI03216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito--2009025901
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Peran Balai pelayanan dan rehabilitasi sosial PMKS Sidoarjo program dalam membina klien.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Al Fata Rifqul Islam
Date Deposited: 17 Oct 2020 02:35
Last Modified: 17 Oct 2020 02:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44590

Actions (login required)

View Item View Item