Komodifikasi kyai pesantren dalam program Kiswah TV9

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Retpitasari, Ellyda (2020) Komodifikasi kyai pesantren dalam program Kiswah TV9. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ellyda Retpitasari_F52718304.pdf

Download (3MB)

Abstract

Era digitalisasi membawa perubahan pada masyarakat beragama Islam dalam memperoleh informasi keagamaan. Hal ini mengakibatkan industri pertelevisian baik lokal maupun nasional membuat program keagamaan. Tidak terkecuali TV9 sebagai lembaga penyiaran lokal di Jawa Timur menyajikan program keagamaan yang berbeda dengan televisi lainnya. Perbedaan ini terletak pada hadirnya kyai pesantren dalam program Kiswah TV9. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kritis. Pengumpulan data dilakukan menggunakan beberapa hal diantaranya observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya, data direduksi, dianalisis, dengan teori. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori ekonomi politik media dari Vincent Mosko. Hasil penelitian menujukkan dasar komodifikasi kyai pesantren yang paling utama berdasarkan pertimbangan kultural tentang paham Aswaja ditengah arus Islam transnasional yang melunturkan kultural ke-NU-an. Adapun dalam proses komodifikasi kyai pesantren dalam program Kiswah TV9 dilakukan demi mewujudkan kepentingan ideologi dan didukung oleh kesediaan kyai pesantren diberi upah yang hanya cukup untuk akomodasi. Selanjutnya, implikasi dari komodifikasi kyai pesantren terhadap TV9 dapat dikatakan bahwa TV9 mampu menjaga keberlangsungan bisnis media TV9 dan menjadikan TV9 sebagai media kultural NU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Retpitasari, Ellydaellydaretpitasari@gmail.comF52718304
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch. Choirulirul_rek@yahoo.co.id2017107102
Thesis advisorHamidah, Lilikelham73iain@yahoo.com2017127301
Subjects: Media Massa
Politik
Keywords: Commodification; Kyai Pesantren; Kiswah TV9.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Retpitasari Ellyda
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:05
Last Modified: 16 Oct 2020 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44588

Actions (login required)

View Item View Item