Implementasi aplikasi Sicantik dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak: studi kasus di Puskesmas Balongbendo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chandra, Ariska Dwi (2020) Implementasi aplikasi Sicantik dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak: studi kasus di Puskesmas Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ariska Dwi Chandra_I71216056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti dalam melihat adanya Aplikasi Sicantik sebagai sebuah rekam medis berbasis sistem informasi yang mampu menekan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Sidoarjo tahun 2018. Kemudian Puskesmas Balongbendo merupakan puskesmas yang menerapkan Aplikasi Sicantik dan merupakan puskesmas dengan angka kematian ibu dan anak paling rendah di Kabupaten Sidoarjo. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini: 1) Bagaimana implementasi Aplikasi Sicantik di Puskesmas Balongbendo, 2) Bagaimana kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Balongbendo. Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori utama implementasi kebijakan George Edward III dan teori pendukung kualitas pelayanan A. Pasuraman. Hasil penelitian ini adalah implementasi Aplikasi Sicantik di Puskesmas Balongbendo telah berjalan dengan baik. Namun, dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya berjalan maksimal karena masih kurangnya pemahaman teknologi oleh sebagian petugas kesehatan dikarenakan faktor usia. Selain itu, dapat diketahui juga bahwa Aplikasi Sicantik dalam pengimplementasiannya tidak mendapat fasilitas dari pemerintah karena dapat diakses melalui smartphone yang dimiliki oleh masing-masing petugas kesehatan. Kemudian tidak ada pemberian insentif kepada petugas kesehatan karena dinilai mampu menghambat pengimplementasian dari Aplikasi Sicantik. Kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Balongbendo sudah baik karena fasilitas yang diberikan nyaman dan lengkap, pelayanan yang diberikan saat pertama kali telah sesuai dan tepat sasaran, petugas kesehatan dalam memberi pelayanan kesehatan ibu dan anak memiliki keterampilan yang baik sehingga tidak memakan waktu yang lama, memiliki sikap ramah dan sopan santun dalam mengkomunikasikan terkait kesehatan ibu hamil, dan petugas kesehatan di Puskesmas Balongbendo memiliki rasa pengertian terhadap para ibu hamil dengan memberikan pengarahan-pengarahan terkait dengan gizi dan pola makan yang harus dijaga oleh ibu hamil. Hal tersebut yang membuat para ibu hamil merasa puas, nyaman dan percaya kepada petugas kesehatan Puskesmas Balongbendo dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chandra, Ariska Dwiariskadwichandra@gmail.comI71216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@gmail.com2018107602
Subjects: Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Keywords: Aplikasi sicantik; Pelayanan kesehatan; Kualitas pelayanan; AKI; KIA; Puskesmas Balongbendo; Kabupaten Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Ariska Dwi Chandra
Date Deposited: 15 Oct 2020 12:41
Last Modified: 15 Oct 2020 12:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44580

Actions (login required)

View Item View Item