Kepemimpinan Khalifah Abu Bakar (11-13 h/ 632-634 m) dan Umar Bin Khattab (13-23 h/ 634-644 m) suksesi, kebijakan, dan tipe kepemimpinan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lafifah, Wiwik Sayyidatul (2020) Kepemimpinan Khalifah Abu Bakar (11-13 h/ 632-634 m) dan Umar Bin Khattab (13-23 h/ 634-644 m) suksesi, kebijakan, dan tipe kepemimpinan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwik Sayyidatul Lafifah_A92216161.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode sejarah dengan menempuh beberapa tahapan yaitu, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Historio-Politik. Pendekatan ini digunakan karena skripsi ini masuk dalam kategori sejarah. Sedangkan pendekatan politik merujuk pada segala bentuk aktifitas yang berhubungan dengan kekuasaan atau kepemimpinan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Max Waber yang menjelaskan bahwa tipe kepemimpinan itu ada tiga jenis yaitu tradisional, karismatik dan legal-Rasional dan secara teoritis kepemimpinan juga dikelompokkan menjadi tiga tipe utama yaitu, tipe kepemimpinan otoriter, tipe kepemimpinan bebas, dan tipe kepemimpinan demokratis. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, proses sukesi kepemimpinan Khalifah Abu Bakar dan Umar bin Khattab dilakukan dengan cara yang berbeda. Abu Bakar dipilih menjadi khalifah melalui musyawarah dan pembai’atan oleh Umar bin Khattab yang kemudian disetujui dan diterima oleh tokoh-tokoh lainnya yang kemudian diterima oleh kaum muslimin. Sedangkan penetapan Umar bin Khattab sebagai Khalifah ditunjuk langsung oleh Khalifah Abu Bakar. Kedua, pada awal Abu Bakar mejadi khalifah, Abu Bakar sudah dihadapakn pada permasalahan munculnya kaum yang menentang kepemimpinan Abu Bakar seperti kemurtadan, kaum yang ingkar membayar zakat, dan munculnya nabi-nabi palsu. dalam pemerintahan Abu Bakar juga dapat menguasai daerah yang cukup luas seprti Ubullah, Lembah Mesotamia, Hirah, Dumat al-jandal. Pada masa pemerintahan Umar bin Khattab dalam wilayah yang dikuasai semakin luas, daerah yang dibawah pemerintahannya dari Tripoli (Arika Utara) di Barat sampai ke Persia di Timur dan dari Yaman di Selatan hingga Armenia Utara, serta mengaktifkan kembali fungsi Bait Al-Mal yang sebelumnya tidak berfungi secara baik. Ketiga, tipe kepemimpinan Abu Bakar dan Umar adalah tipe karismatik dan demokratis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lafifah, Wiwik SayyidatulWiwiksayyidatullafifah@gmail.comA92216161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Politik
Sejarah Peradaban Islam
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan Khalifah Abu Bakar; Umar bin Khattab; Perbandingan Suksesi, Kebijakan; dan Tipe Kepemimpinan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Wiwik Sayyidatul Lafifah
Date Deposited: 14 Oct 2020 13:57
Last Modified: 14 Oct 2020 13:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44567

Actions (login required)

View Item View Item