Peran Kyai Rifa'i dalam mensyiarkan Islam di Desa Gedangan Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo (1965 - 2002)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suwara, Alim (2020) Peran Kyai Rifa'i dalam mensyiarkan Islam di Desa Gedangan Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo (1965 - 2002). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alim Suwara_A02213012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini penulisannya disusun dengan metode penelitian sejarah sebagai pisau bedahnya, diantaranya yaitu heuristic (pengumpulan data), verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi (penafsiran), dan hisoriografi (penulisan sejarah), pendekatan yang penulis gunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah pendekatan historis dan sosiologis yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan apa saja yang terjadi di masa lalu dan mengungkap segi – segi sosial dari peristiwa yang dikaji seperti peranan sosial, status sosial, dan lain sebagainya. Untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori peranan yang menjelaskan peranan sebagai seperangkat harapan – harapan yang di bebankan kepada individu yang memiliki kedudukan tertentu.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) K.H. Rifa’i lahir di desa Diwek Jombang dari pasangan Kyai Mahali dan Nyai Hj. Khannah ia lahir pada tahun 1912 M. (2) Kondisi masyarakat Gedangan pada masa itu masih menunjukkan adanya pengaruh dari komunis dan abangan sehingga beberapa masyarakat masih melakukan ritual kepercayaan seperti menaruh sesajen di beberapa tempat tertentu (3) Peranan yang dilakukan Kyai Rifa’i dalam mensyiarkan Islam di Gedangan diantaranya adalah mampu merubah kebiasaan masyarakat Gedangan yang mulanya banyak didominasi oleh kelompok komunis dan Islam Abangan menjadi masyarakat yang berprilaku sesuai tuntunan dalam Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suwara, Alimalimsuwara@gmail.comA02213012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Biografi
Sosiologi
Kepemimpinan
Keywords: Peran Kyai Rifa'i dalam mensyiarkan Islam; Peran Kyai; Syair Agama Islam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Alim Suwara
Date Deposited: 14 Oct 2020 12:26
Last Modified: 14 Oct 2020 12:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44564

Actions (login required)

View Item View Item