Pemberdayaan ekonomi ibu-ibu PKK melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan di Kelurahan Karangpilang Kecamatan Karangpilang Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Adzroo’ Dhiyaul (2020) Pemberdayaan ekonomi ibu-ibu PKK melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan di Kelurahan Karangpilang Kecamatan Karangpilang Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adzroo’ Dhiyaul Firdaus _B02216002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan perekonomian ibu-ibu PKK melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan. PKK merupakan kepanjangan dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. PKK dibuat dengan memiliki 10 program pokok yang salah satunya adalah keterampilan, yang selama ini belum pernah dilakukan. Dengan memanfaatkan aset atau potensi ibu-ibu PKK, tujuan penelitian ini demi untuk meningkatkan perekonomian dengan melaksanakan salah satu program PKK dengan membuat keterampilan kerajinan tangan berupa bros. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) dengan subyek penelitian yaitu masyarakat sebagai warga yang belajar seluruh pembuatan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah FGD dan Trend and Change untuk mengetahui perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah dilakukannya aksi perubahan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1). Strategi pemberdayaan ekonomi ibu-ibu PKK melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan. (2). Pendampingan pembuatan keterampilan kerajinan tangan berupa bros hingga proses pemasaran. Melalui program tersebut hasil dampingan yang dilakukan membawa sebuah perubahan terhadap ibu-ibu PKK untuk dapat membantu menambah pendapatan keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Adzroo’ Dhiyaulfirda.adzro@gmail.comB02216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, Syaiful--2025095501
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan; PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga); Meningkatkan perekonomian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Adzroo' Dhiyaul Firdaus
Date Deposited: 14 Oct 2020 13:39
Last Modified: 14 Oct 2020 13:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44544

Actions (login required)

View Item View Item