Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika setelah pembelajaran model BBL ditinjau dari EQ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Evi Dian Risalatul (2020) Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika setelah pembelajaran model BBL ditinjau dari EQ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Dian Risalatul Ummah_D04216010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa yang memiliki emotional quotient (EQ) tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika setelah penerapan pembelajaran model brain based learning (BBL). Peneliti menganalisis proses berpikir siswa menggunakan tes menyelesaikan masalah matematika dengan melihat indikator-indikator dari tipe proses berpikir setelah dilakukan pembelajaran model BBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes menyelesaikan masalah matematika dan wawancara berbasis tes. Tempat penelitian dalam penelitian ini adalah MA Hasyim Asy’ari Sukodono. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek dengan EQ tinggi, EQ sedang, dan EQ rendah. Data hasil tes kemudian dijadikan pedoman untuk mendeskripsikan data dan menganalisis data. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa proses berpikir siswa dengan EQ tinggi dan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika setelah pembelajaran model BBL memiliki tipe proses berpikir konseptual. Sedangkan proses berpikir siswa dengan EQ rendah dalam menyelesaikan masalah matematika setelah pembelajaran model BBL memiliki tipe proses berpikir semi konseptual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Evi Dian Risalatulevidianrisalatul32@gmail.comD04216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Psikologi
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Proses berpikir; Menyelesaikan masalah matematika; Brain based learning; Emotional Quotient.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Evi Dian Risalatul Ummah
Date Deposited: 13 Oct 2020 12:42
Last Modified: 13 Oct 2020 12:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44541

Actions (login required)

View Item View Item