Pengorganisasian masyarakat untuk membangun lingkungan sehat dalam pengolahan limbah rumah tangga di Dusun Mundu Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmatillah, Fika (2020) Pengorganisasian masyarakat untuk membangun lingkungan sehat dalam pengolahan limbah rumah tangga di Dusun Mundu Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fika Rakhmatillah_B02216016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pendampingan masyarakat untuk menciptakan lingkungan sehat melalui pengolahan limbah rumah tangga. Proses pendampingan masyarakat ini bertujuan agar masyarakat memiliki rasa kepedulian terhadap kesehatan lingkungan sehingga diikuti dengan perilaku yang tidak merusak lingkungan. Tingkat kesadaran masyarakat Dusun Mundu dalam menjaga lingkungan masihlah kurang yang mengakibatkan masih banyaknya masyarakat yang membuang limbah rumah tangga langsung kebadan alam. Kegiatan ini jika dilakukan terus menerus tanpa adanya upaya perubahan maka kondisi lingkungan dimasa depan akan sulit untuk dikendalikan. Adapun fokus masalah yang dirumuskan yaitu: 1) Bagaimana kondisi kesehatan lingkungan pada masyarakat Dusun Mundu? 2) Bagaimana strategi membangun lingkungan sehat Dusun Mundu Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro? 3) Bagaimana hasil proses pengorganisasian masyarakat dalam upaya membangun lingkungan sehat Dusun Mundu Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro?. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam proses penelitian adalah PAR (Participatory Action Research) yang dimana metode ini menitikberatkan partisipasi masyarakat dalam mencapai suatu perubahan sosial. Proses pendampingan masyarakat ini dimulai dari assessment awal, inkulturasi, proses penggalian data, menyimpulkan hasil riset, merencanakan aksi perubahan, pelaksanaan program, mempersiapkan keberlanjutan program, serta monitoring dan evaluasi. Dimana setiap proses melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif. Hasil dari proses pengorganisasian masyarakat adalah terjadinya suatu proses perubahan sosial melalui program pendidikan pengolahan limbah rumah tangga sebagai upaya membentuk kesadaran masyarakat dengan tujuan agar masyarakat tidak lagi membuang limbah rumah tangga langsung ke badan alam. Terbentuknya kelompok peduli lingkungan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab bersama dalam melestarikan lingkungan hidup dan melakukan advokasi kepada pemerintah desa agar membuat kebijakan yang mendukung pengolahan limbah rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmatillah, Fikarakhmatillah.fika@gmail.comB02216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, AgusAgusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Kesehatan lingkungan; Limbah Rumah Tangga.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: S. Sos Fika Rakhmatillah
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:30
Last Modified: 13 Oct 2020 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44534

Actions (login required)

View Item View Item