Sejarah berdirinya Seni Campursari Putro Santri oleh Kh. Sholikin Yusuf Surabaya Tahun 2013

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ansori, Moh. Shokheh (2020) Sejarah berdirinya Seni Campursari Putro Santri oleh Kh. Sholikin Yusuf Surabaya Tahun 2013. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Shokheh Ansori_A92216132.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi, (1) Apa itu kesenian Campursari? (2) Mengapa KH. Sholikin Yusuf mendirikan seni Campursari Putrosatri ? (3) Bagaimana Nilai-nilai Islam yang ada pada seni Campursari Putro Santri? Metode yang penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian Sejarah yang terdri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Antropologi budaya, karena mengkaji mengenai kebudayaan manusia berupa kesenian. Teori yang digunakan dalam penelitan ini adalah teori Fungsionalisme Malinowski. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwah (1) kesenian Campursari berasal dari penggabungan antara budaya barat yang didirikan alat musik diatonik berupa gitar, bass, drum, Keybord, Kentrung dengan budaya timur yang dicirikan dengan alat musik gamelan Jawa yang bernada Pentatonik. Sehingga menjadi satu dan dinamakan Kesenian Musik Campursari. (2) kesenian Campursari digunakan oleh Kiai Sholikin Yusuf sebagai syiar berupa pengajian. karena dirasa Kesenian Campurasari masih memiliki nilai sopan santun, sehingga dapat diterimah oleh masyarakat. Dan didalamnya dimasukkan nilai Islami untuk mengingatkan manusia. Dan kelompok Kesenian Campursari Islami ini diberi nama Putro Santri. (3) Nilai-niali Islam yang terkandung didalam kesenian Campursari Putrosantri dapat dilihat dari syair-syair yang penuh dengan ajaran Islam berupa Aqidah, Syariat, mengenal Rasulullah, Al-qur’an Hadist dan amal salih. Serta nilai perilaku baik seperti menutup aurat bagi laki-laki dan perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ansori, Moh. Shokhehshokhehansori969@gmail.comA92216132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Lailatul--2013116301
Subjects: Sejarah
Budaya
Keywords: Sejarah seni Campursari; Putro Santri.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mohshokheh ansori
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:09
Last Modified: 13 Oct 2020 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44533

Actions (login required)

View Item View Item