Sejarah dan peran organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia cabang Surabaya dalam politik nasional pada tahun 1990-1998

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifuddin, Fahmy Arya (2020) Sejarah dan peran organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia cabang Surabaya dalam politik nasional pada tahun 1990-1998. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmy Arya Saifuddin_A32213099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini disusun dengan metode penelitian sejarah, yaitu : Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di masa lampau). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori kepemimpinan visioner (kepemimpinan seseorang melalui penciptaan visi, perumusan visi, transformasi visi, dan implementasi visi). Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1). PMII Cabang Surabaya dipromotori oleh beberapa orang dari kampus di Surabaya yaitu UNAIR, ITS, IAIN Sunan Ampel Surabaya yang mana organisasi ini bertujuan membentuk pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya serta komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. (2). Banyak peritiwa yang terjadi dalam pemerintahan saat itu dari kondisi politik antara lain adanya pelengseran Soekarno dengan Super Semarnya, fusi partai dan diterapkanya pancasila sebagai asas tunggal bagi semua organisasi, dalam sektor ekonomi pemerintahan ini menjalan progam Repelita yang berjalan sampai lima kali, sedangkan untuk bidang sosial adanya kerusuhan antara etnis keturunan Cina dan orang Indonesia, pelaksanaanya P4, sampai terbentuknya ICMI. (3). Dengan banyaknya kekaucan dan isu-isu nasional yang sudah banyak tersebar, PMII cabanf Surabaya di kota dan kepusat ibu kota negara. Di kota sendiri PMII Cabang Surabaya membuat organisasi masa seperti Forum Komunikasi Mahasiwa Surabaya (FKMS), Arek-arek Pro Reformasi (APR), Arek Suroboyo Pro Reformasi (ASPR). Sedangkan dalam pergerakan Nasional PMII Cabang Surabaya beraliansi dengan Kelompok Cipayung dan Forum Kota (FORKOT).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifuddin, Fahmy Aryaaryaelfaroeq1960@gmail.comA32213099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Budaya Organisasi
Organisasi Mahasiswa
Partai Politik
Keywords: Organisasi Mahasiswa; PMII; Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fahmy Arya Saifuddin
Date Deposited: 06 Nov 2020 06:24
Last Modified: 06 Nov 2020 06:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44527

Actions (login required)

View Item View Item