Sejarah perkembangan pondok pesantren putri Banu Hasyim di Janti Waru Sidoarjo Jawa Timur tahun 1987-2019.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratnasari, Dwi Putri (2020) Sejarah perkembangan pondok pesantren putri Banu Hasyim di Janti Waru Sidoarjo Jawa Timur tahun 1987-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Putri Ratnasari_A02213024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang sejarah pondok pesantren yang berjudul Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Putri Banu Hasyim Di Janti Waru Sidoarjo Jawa Timur Tahun 1987-2019. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Putri Banu Hasyim di Janti Waru Sidoarjo Jawa Timur Tahun 1987-2019. 2) Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Putri Banu Hasyim di Janti Waru Sidoarjo Jawa Timur Tahun 1987-2019. 3) Apa Peran Bu Nyai Djunaizah Faizah Al-Hafidlah Dalam Perkembangan Pondok Pesantren Banu Hasyim di Janti Waru Sidoarjo Jawa Timur. Dalam menuliskan Skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristic, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan atau wawancara dan studi kearsipan. Skripsi ini menggunakan pendekatan sejarah atau histories. Dengan menggunakan pendekatan ini diharapkan mampu mangungkapkan sejarah berdirinya Pondok Pesantren Putri Banu Hasyim Untuk menganalisis fakta-fakta yang berkaitan dengan masalah penelitian, skripsi ini menggunakan teori Continuity and Change atau kesinambungan dan perubahan oleh John Obert Voll. Dari hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Pondok pesantren putri Banu Hasyim berdiri pada tahun 1987 atas inisiatif Bu Nyai Faizah yang dipelopori oleh KH. Andi Matta Djawi Fatwa. Pada awalnya Bu Nyai Faizah berinisiatif membuat kelas mengajar di rumah dan mengajak beberapa anak yang sering belajar Al-Qur’an di rumahnya untuk menjadi muridnya. 2) Pada tahun 1994 KH. Andi Matta Djawi Fatwa yang kemudian kepengasuhan digantikan oleh istrinya, Bu Nyai Faizah. Pada masa ini pesantren mulai nampak perkembangannya. 3) Peranan Bu Nyai Faizah dalam mengembangkan pondok pesantren putri Banu Hasyim, yaitu: melakukan pembangunan pesantren dari segi fisik seperti pembangunan gedung Madrasah Formal, Gedung B, ruang baca, mushollah, labolatorium bahasa dan labolatorium computer. Kemudian pengembangan non fisik, beliau mengubah sistem pendidikan pesantren dari yang klasikal menjadi Madrasah Diniyah. Selain perannya dalam mengembangkan pesantren beliau juga berperan di masyarakat, Bu Nyai Faizah yang dikenal masyarakat melalui ceramah-ceramahnya membuat beliau menjadi orang yang disegani oleh masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratnasari, Dwi Putriprutytralala95@gmail.comA02213024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Subjects: Ibadah
Pesantren
Kepemimpinan
Keywords: Pondok Pesantren Putri Banu Hasyim Di Janti Waru Sidoarjo .
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Dwi Putri Ratnasari
Date Deposited: 13 Oct 2020 09:06
Last Modified: 13 Oct 2020 09:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44514

Actions (login required)

View Item View Item