Analisis maslahah terhadap sanksi hukum bagi pelaku tindak pidana korupsi di Indonesia dan Malaysia: studi atas UU No 31 Tahun 1999 Junto UU No. 20 Tahun 2001 dengan Akta Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia No. 694 Tahun 2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Ami Nur (2020) Analisis maslahah terhadap sanksi hukum bagi pelaku tindak pidana korupsi di Indonesia dan Malaysia: studi atas UU No 31 Tahun 1999 Junto UU No. 20 Tahun 2001 dengan Akta Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia No. 694 Tahun 2009. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ami Nur Hasanah_C93216119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian normatif yaitu dengan menggunakan penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yaitu dengan instrument UU No 31 Tahun 1999 Junto UU No. 20 Tahun 2001 dengan Akta Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia No. 694 Tahun 2009. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan dokumentasi yaitu pengumpulan data yang diperoleh dari buku, artikel, jurnal dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pemberlakuan sanksi pada pelaku tindak pidana korupsi di Indonesia dan Malaysia memiliki beberapa kemiripan dalam unsur dan bentuk hukumannya. Tetapi yang membedakannya adalah bahwa Indonesia memberlakukan hukum tambahan. Dalam pemberlakuan sanksi pidana korupsi pada Undang-Undang Indonesia dan Malaysia dalam mewujudkan Negara yang dekat dengan kemashlahatan dan menghindarkan dari berbagai kemyddharatan, maka korupsi harus diberantas dengan memberlakukan sanksi yang tegas. Dengan hasil penelitian diatas, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam menetapkan sanksi tegas pada pelaku tindak pidna korupsi agar pelaku jera. Dalam menangani kasus korupsi jangan terfokus pada proses penanganan pasca terjadinya tindak pidana korupsi tetapi harus lebih focus pada langkah pencegahan sebelum terjadinya tindak pidana tersebut. harapan besar jika tahun-tahun yang akan datang akan semakin banyak dalam penelitian tentang pemberlakuan sanksi pidana pada tindak pidana korupsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Ami Nuramiyhasanah22@gmail.comC93216119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChairah, Dakwatuldakwah_chairah@yahoo.com2023045701
Subjects: Hukum Islam > Pidana Korupsi
Hukum > Hukum Pidana Islam
Korupsi
Keywords: Korupsi di Indonesia; Korupsi di Malaysia.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ami Nur Hasanah
Date Deposited: 12 Oct 2020 03:43
Last Modified: 14 Oct 2020 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44498

Actions (login required)

View Item View Item