Peran Ustadzah Thaharah dalam pembelajaran toilet training untuk membiasakan peserta didik menjaga kebersihan di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohimi, Nivalensy Inayatur (2020) Peran Ustadzah Thaharah dalam pembelajaran toilet training untuk membiasakan peserta didik menjaga kebersihan di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nivalensy Inayatur Rohimi_D98216044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang peneliti memilih judul skripsi ini adalah ketika peneliti melakukan kegiatan program PPL II di lembaga KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya, peneliti menemukan suatu kegiatan yang jarang ditemukan di lembaga TK/RA lainnya. Kegiatan tersebut adalah pembelajaran Toilet Training yang didukung dengan peran seorang pendidik dengan istilah “Ustadzah Thaharah” sehingga melalui kegiatan tersebut peserta didik di lembaga RA dapat terbiasa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ustadzah thaharah dalam pembelajaran toilet training untuk membiasakan peserta didik menjaga kebersihan di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya. Selain itu peneliti ingin mendeskripsikan tentang bagaimana dampak dari pembelajaran toilet training tersebut pada peserta didik kelompok A dan B di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari ustadzah thaharah, dan beberapa peserta didik kelompok A dan kelompok B di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk membiaskan peserta didik menjaga kebersihan di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya adalah melalui pembelajaran toilet training. Dengan adanya pembelajaran toilet training, peserta didik mampu mengenali tanda-tanda atau sensasi jika ingin melakukan buang air dan dapat menuntaskan keinginan untu buang air di tempatnya (toilet). Sehingga melalui pembelajaran toilet training tersebut dapat membiasakan peserta didik menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya. (2) Dalam memberikan pembelajaran toilet training ini dibutuhkan peran dari seorang pendidik dengan istilah ustadzah thaharah agar pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal. Beberapa peran ustadzah thaharah tersebut adalah, mengawasi keselamatan peserta didik saat berada di kamar mandi, memberikan pembelajaran toilet training pada peserta didik yang ingin melakukan buang air (diantaranya : memberitahu adab-adab buang air, melatih kemampuan peserta didik untuk melakukan buang air, serta mengajarkan peserta didik untuk terbiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya). (3) Dampak dari pembelajaran toilet training ini adalah siswa mampu menuntaskan keinginan buang air secara mandiri, dan mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohimi, Nivalensy Inayaturnivalensy16@gmail.comD98216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@gmail,com2029087203
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Keywords: Peran ustadzah thaharah; Pembiasaan menjaga kebersihan; Pembelajaran toilet training.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nivalensy Inayatur Rohimi
Date Deposited: 11 Oct 2020 04:20
Last Modified: 11 Oct 2020 04:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44489

Actions (login required)

View Item View Item