Program 'Ramah Remaja' sebagai upaya pencegahan kenakalan remaja di Desa Wates Kecamatan Panekan Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayatillah, Maslahatul Kaunaini (2020) Program 'Ramah Remaja' sebagai upaya pencegahan kenakalan remaja di Desa Wates Kecamatan Panekan Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maslahatul Kaunaini Ayatillah_B52216061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan di mana seseorang akan menjadi individu yang mandiri, menjalin sebuah hubungan yang baru, mengembangkan keterampilan sosial dan mempelajari perilaku-perilaku yang akan mereka jadikan patokan untuk seumur hidup mereka. Masa ini tentunya menjadi salah satu periode yang paling menantang. Faktanya, banyak perilaku berisiko yang justru dilakukan oleh para remaja. Salah satu daerah yang tak luput dari kenakalan remaja adalah Desa Wates, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Ditemukan beberapa kasus kenakalan remaja di daerah tersebut, yakni: kehamilan pranikah remaja (15 kasus dalam lima tahun terakhir), perilaku merokok remaja (sebanyak 52 persen atau mayoritas remaja laki-laki merokok) dan perilaku minum minuman keras (26 persen remaja terbiasa minum minuman keras).
Penelitian ini berfokus pada proses pemberdayaan remaja dalam upaya pencegahan kenakalan remaja di Desa Wates, dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana isu kenakalan remaja di Desa Wates serta strategi yang dilakukan dalam upaya pencegahan kenakalan remaja di Desa Wates.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Action Research (PAR), yang mana proses dari awal riset hingga aksi melibatkan partisipasi dari masyarakat. Sehingga masyarakat, dalam hal ini remaja, menjadi subyek sekaligus obyek dari penelitian. Proses pemetaan, penyusunan masalah dan harapan, aksi, hingga monitoring evaluasi dilakukan bersama-sama. Adapun dalam proses penggalian data penelitian menggunakan teknik-teknik yang ada dalam metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasil dari pemberdayaan remaja yang tertuang dalam program ‘ramah remaja’ adalah, tumbuhnya kesadaran dan pemahaman remaja terkait isu-isu remaja, termasuk mengenai kenakalan remaja. Selain itu, pembentukan kelompok remaja dan advokasi optimalisasi kebijakan yang berpihak pada remaja juga dilakukan dalam upaya pencegahan kenakalan remaja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayatillah, Maslahatul Kaunainimaslahatulkaunaini@gmail.comB52216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Pemberdayaan
Remaja
Keywords: Remaja; Kenakalan remaja; Pemberdayaan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Maslahatul Kaunaini Ayatillah
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:47
Last Modified: 09 Oct 2020 02:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44454

Actions (login required)

View Item View Item