Penerimaan masyarakat pada anak berkebutuhan khusus B dan C: study kasus sekolah luar biasa Al-Azhar Tropodo Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifa, Zahrotun (2020) Penerimaan masyarakat pada anak berkebutuhan khusus B dan C: study kasus sekolah luar biasa Al-Azhar Tropodo Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotun Nadifah_I73216060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yakni bagaimana penerimaan masyarakat pada anak berkebutuhan khusus yang ada di skitar mereka, dan Bagaimana interaksi antara masyarakat dengan anak berkebutuhan khusus. Dari dua rumusan masalah tersebut terdapat sebuah sub pembahasan didalamnya, antara lain pembahasan mengenai bagaimana penerimaan masyarakat pada ABK, interaksi masyarakat pada ABK, dan penerimaan orangtua pada ABK yang terjadi di sekola luar biasa Al-Azhar Tropodo Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Teori yang peneliti gunakan untuk melihat fenomena yang terjadi pada masyarakat dikawasan SLB Al-Azhar ini adalah teori Konstruksi Sosial Peter L Berger. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) penerimaan masyarakat pada anak berkebutuhan khusus saat ini sudah mulai berubah dan yang dulu dimana masyarakat hanya bisa memandang remeh anak-anak yang berkebutuhan khusus, tapi saat ini masyarakat sudah mulai berfikir cerdas karena banyak sekali masyarakat yang sudah mulai mendukung anak-anak untuk menemukan kemampuan terpendam mereka. Sehingga konstruksi sosial yang tercipta di dalam masyarakat dapat memberikan efek positif pada diri setiap orang, khusus nya pada anak yang berkebutuhan khusus agar mereka tidak merasa tersisih dalam lingkungan sosial mereka. (2) interaksi antara masyarakat pada anak berkebutuhan khusus di sekitar sekolah SLB tersebut berbeda beda, ada yang mau berinteraksi dengan secara langsung pada anak-anak, ada juga yang berinteraksi hanya untuk mengejek mereka, dan ada juga yang tidak mau berinteraksi dan cenderung menghindar dari anak-anak. Interaksi yang terjadi memang jarang sekali terjadi di antara masyarakat luar sama anak yang berkebutuhan khusus, anak-anak lebih sering berinteraksi dengan guru mereka saja dan orang terdekat mereka saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifa, Zahrotunzahrotunnadifah01@gmail.comI73216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id197008021997021001
Subjects: Bimbingan Belajar
Golongan Sosial
Orang tua dan Anak
Keywords: Penerimaan masyarakat; Interaksi; Tunarungu; dan Tunagrahita.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Zahrotun Nadhifa
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:49
Last Modified: 09 Oct 2020 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44451

Actions (login required)

View Item View Item