Efektivitas buku lancar membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Al-Furqon Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Lailatur (2020) Efektivitas buku lancar membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Al-Furqon Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatur Rohmah_D98216065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelompok B di TK Al-Furqon Surabaya dengan latarbelakang Salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang menerapkan media pembelajaran berupa buku lancar membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak yaitu peneliti temukan di TK Al-Furqon Surabaya. Karena lembaga ini merupakan salah satu yang menerapkan media buku lancar membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak, peneliti ingin mengetahui apakah media buku lancar membaca efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Al-Furqon Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku lancar membaca terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Al-Furqon Surabaya dan mengetahui kemampuan membaca permulaan anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah jenis expost facto, jenis penelitian ini berhubungan dengan adanya sebab akibat suatu kejadian yang artinya penelitian ini sudah terjadi pada subjek sebelum peneliti melakukan suatu penelitian, yang mana proses kegiatan yang dilakukan berupa menyajikan data pada tiap variabel, pemberian skor pada tiap instrumen kegiatan, kemudian melakukan perhitungan, menguji hipotesis dan menguji teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan buku lancar membaca di TK Al-Furqon sudah baik karena dalam proses belajar guru menggunakan buku lancar membaca dengan rutin yaitu tiga hari dalam satu minggu. Berdasarkan hasil analisis uji hari ketiga pada tabel 3.29, diperoleh hasil taraf signifikansi (Sig) = 0,000, sig < 0,05 yang artinya adalah H0 ditolak dan Ha diterima, atau dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan buku lancar membaca terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Nilai koofesien korelasi sebesar -1,000 yang berarti lebih besar dari r tabel pada N=42 dengan taraf signifikan 5% yaitu -1,000 (-1,000>0,304) berarti mempunyai pengaruh yang sangat kuat atau sangat tinggi. Berarti ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara penerapan buku lancar membaca dengan kemampuan membaca permulaan anak. Semakin tinggi tingkat penerapan buku lancar membaca, maka kemampuan membaca permulaan anak akan menurun, sebaliknya jika semakin tinggi kemampuan membaca permulaan anak, maka semakin menurun tingkat penerapan buku lancar membaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Lailaturlaila7rohmah@gmail.comD98216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Anak
Buku > Buku bacaan -- Buku terpilih
Keywords: membaca anak TK; anak anak;pendidikan anak usia dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lailatur Rohmah
Date Deposited: 08 Oct 2020 13:27
Last Modified: 08 Oct 2020 13:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44450

Actions (login required)

View Item View Item