INTERNALISASI NILAI-NILAI SOLIDARITAS KISAH SEMUT DAN NABI SULAIMAN DALAM SURAT AL-NAML PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Jamil, Muhammad (2015) INTERNALISASI NILAI-NILAI SOLIDARITAS KISAH SEMUT DAN NABI SULAIMAN DALAM SURAT AL-NAML PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Solidaritas yang sering dipakai untuk mempersatukan dan menyamakan perbedaan, sudah mulai pudar. Perpecahan di antara umat manusia akan semakin bertambah banyak jika tidak ada solidaritas yang dimulai dari dalam diri manusia. Pada kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Naml terdapat nilai-nilai pendidikan, terutama nilai solidaritas.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Nilai-nilai solidaritas apa yang ada pada kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Anaml? Bagaimana implementasi pendidikan solidaritas yang ada pada surat al-Naml dalam pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar ?
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan, memahami, mencari dan mengambil pesan nilai-nilai pendidikan terutama nilai solidaritas pada kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Naml, untuk menjelaskan implementasi pendidikan solidaritas yang ada pada surat al-Naml dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar.
Tesis ini dikategorikan dalam penelitian diskriptif-kualitatif, Dalam penelitian ini penulis memberikan deskripsi terhadap kata-kata (ayat-ayat) yang terdapat dalam kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Naml.
Adapun kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah: Kisah semut dan nabi Sulaiman a.s dalam surat al-Naml mengandung berbagai pesan nilai-nilai pendidikan terutama nilai solidaritas bagi setiap pembaca. Nilai-nilai ini telah di contohkan oleh semut, ketika seekor pemimpin semut menginstruksikan anak buahnya untuk segera masuk sarang karena nabi Sulaiman as dan tentaranya akan melewati tempat itu. Dalam hal ini, binatang yang kecil ini (semut) telah mencontohkan sikap peduli terhadap sesama, gotong-royong yang luar biasa, rasa sosial, jiwa berkorban, rasa ikut bertanggung jawab terhadap nasib orang lain, dan rasa kebersamaan. Untuk mengimplementasikan pendidikan solidaritas dalam pendidikan agama Islam perlu tiga komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pendidikan solidaritas dalam Pendidikan Agama Islam dapat dilakukan saat penyusunan perencanaan pembelajaran dalam bentuk pembuatan silabus, promes, prota dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan memasukkan nilai-nilai solidaritas kedalamnya baik secara implisit atau eksplisit. Pelaksanaan pendidikan solidaritas dapat dimasukkan dalam pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam mengevaluasi pelaksanaan Pendidikan solidaritas dalam PAI dapat dilihat dari empat aspek, yakni: input, process (proses), output (hasil), dan outcomes (dampak

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: M. Nu’man
Uncontrolled Keywords: Solidaritas; Kisah Semut; Nabi Sulaiman; Pendidikan Agam Islam
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Cerita Nabi
Pendidikan
Pendidikan Islam
Sejarah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2016 05:11
Last Modified: 03 Feb 2016 05:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

View Item View Item