Pembiasaan berbagi bekal makanan dengan media piring dalam menumbuhkan kemampuan empati siswa kelompok B1 di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nirma, Dini (2020) Pembiasaan berbagi bekal makanan dengan media piring dalam menumbuhkan kemampuan empati siswa kelompok B1 di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nirma Dini Handoko_D98216043.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sebuah kebijakan di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya yakni siswa membawa bekal makanan dari rumah kemudian siswa dibiasakan untuk berbagi bekal makanan ketika jam istirahat dengan menggunakan piring berbagi dimana tidak semua sekolah tingkat TK/RA sederajat juga mengadakan kebijakan tersebut dalam pembelajaran. Peneliti kemudian tertarik untuk mengetahui jenis kemampuan empati apa saja yang dapat ditumbuhkan dari adanya kebijakan tersebut. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah (1) Mengapa pembiasaan berbagi bekal makanan dengan media piring berbagi dilakukan untuk menumbuhkan kemampuan empati siswa (2) Bagaimana pembiasaan berbagi bekal makanan dengan media piring berbagi di KB-RA Perwanida Surabaya dan (3) Bagaimana kemampuan empati siswa kelompok B1 di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel atau objek penelitian adalah siswa kelompok B1 di KB-RA Perwanida Ketintang Surabaya. Analisis data yang digunakan yakni model Miles dan Huberman yang prosesnya dimulai dari mereduksi data, kemudian menyajikan data dan verifikasi. Teknik Uji Keabsahan data yang digunakan adalah metode Triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa melalui pembiasaan berbagi bekal makanan yang diterapkan di KB-RA Perwanida dapat menumbuhkan kemampuan empati siswa yang didukung dengan piring berbagi sebagai media yang dapat digunakan oleh siswa. Kemampuan empati yang dapat ditumbuhkan adalah siswa dapat (1) saling menyayangi dengan (a) Siswa dapat menghampiri teman yang tidak membawa bekal, (b) Siswa dapat merespon teman ketika bercerita tentang bekal yang dibawa, (c) Siswa dapat menghibur teman yang sedang bersedih. (2) Mengelola emosi untuk dapat bersikap peduli terhadap orang lain dengan (a) siswa dapat menunjukkan emosi tidak marah ketika teman tidak mau membagikan bekal kepadanya, (b) senang ketika diberi makanan oleh teman, (c) tidak membanding-bandingkan makanan, (d) tidak menghina makanan milik orang lain. (3) Dapat memahami kesulitan orang lain dengan (a) siswa dapat berbagi bekal dengan menggunakan media piring berbagi, (b) siswa dapat berbagi bekal makanan kepada teman secara langsung, (c) siswa dapat membantu teman yang kesulitan membuka dan menutup bekal makanan, (d) siswa dapat melaporkan teman yang kesulitan kepada guru kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nirma, Dinidinirma043@gmail.comD98216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohprodipiauduinsa@gmail.com2009047302
Thesis advisorNofiandri, Al-Qudusalqudusnes@gmail.com197311162007101001
Subjects: Kepribadian
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: Berbagi; bekal makanan; empati; kelompok Paud
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nirma Dini Handoko
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:17
Last Modified: 08 Oct 2020 02:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44429

Actions (login required)

View Item View Item