Kontra radikalisme Islam di media sosial: analisis semiotika Charles Sander Pierce pada akun youtube TVmu channel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adyad, Ammy Iffansah (2020) Kontra radikalisme Islam di media sosial: analisis semiotika Charles Sander Pierce pada akun youtube TVmu channel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adyad Ammy Iffansah_E01216003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis banyak berkecimpung dalam penelitian yang menyasarkan sebagian observasi pada media sosial yang sekarang tidak ada bedanya dengan media massa yakni Youtube, dari observasi tersebut banyak sekali ditemukan realitas yang berbeda dari yang diketahui masyarakat luas mengenai teks dan informasi, alasan ketidak jujuran media komunikasi tersebut menjadikan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam memakmurkan umat dan mencerdaskan bangsa yakni dengan melakukan tindakan kontrol sosial yakni lewat Youtube yang menyasar kaum muda milenial, ketidak jujuran teks dalam dunia informasi tersebut yang banyak merubah haluan keagamaan khalayak karena teknik menegemen isu yang dipakai, kalau dihubungkan dengan isu radikalisme masyarakat banyak terdistorsi dari tayangan-tayangan yang dibuat yang memang dilatarbelakangi misi untuk mendominasi dan menghegemoni khalayak kepada paham yang diyakininya sangat absolut dan benar, doktrinasi tersebut dimulai dari konten-konten yang biasanya sangat Islami membicarakan hukum dan syari’at Islam secara sepenggal, juga mengajarkan tindak revolusioner karena ketidak percayaan pada kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah daerah atau pusat. Pada saat ini saja terlihat bagaimana konflik-konflik yang justru hadir dari dalam masyarakat beragama khususnya Islam sebagai agama mayoritas di Indonesia, konflik yang timbul tersebut diakibatkan dari berhasilnya deseminasi ideologi radikalisme yang dilatarbelakangi pada pendistribusian informasi yang salah kaprah dan membuat khalayak menjadi terdistorsi, gejala di atas merupakan sebuah tanda adanya pengaruh bahasa dan informasi yang memihak dan tidak secara objektif disebarkan. Maka peneliti menemukan alur kontra radikalisme yang dilakukan akan tvMu channel di media Youtube, lewat tvMu Muhammadiyah mempunyai tanggung jawab lebih untuk melakukan kontrol ketika dihadapkan pada konten-konten yang bersifat merugikan bagi masa depan bangsa dan masyarakat beragama. Maka dalam analisis semiotika Charles Sander Pierce Muhammadiyah lewat tvMu ingin mempromosikan Islam yang ramah, luhur, dan cinta kasih yang juga diimbangi dengan model moderat yang efektif dalam menekan doktrinasi radikalisme, tvMu dan beberapa konten-kontennya merepresentasikan kontra radikalisme dengan jalan moderatisme Islam hal tersebut diketahui dari tanda-tanda yang terlihat dengan kaca mata semiotika, seperti penekanan sikap toleransi, menghargai perbedaan, berlomba dalam kebaikan, musyawarah, dan dialog.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adyad, Ammy IffansahAdit99.iffansah@gmail.comE01216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad HelmiHelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Ideologi Islam
Internet
Radikal dan Radikalisme
Keywords: Radikalisme Islam; media sosial; semiotika Charles Sander Pierce; youtube TV
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Adyad Ammy Iffansah
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:27
Last Modified: 08 Oct 2020 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44426

Actions (login required)

View Item View Item