Sejarah dan kontribusi Kiai Ihsan Jampes dalam perkembangan intelektual Pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Muhammad Ilham (2020) Sejarah dan kontribusi Kiai Ihsan Jampes dalam perkembangan intelektual Pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ilham Akbar_A92216128.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Sosiologis historis serta menggunakan konsep intelektual menurut Selo Sumardjan bahwa seorang intelektual mempunyai pengamatan yang cermat terhadap gejala-gejala di suatu lingkungan, mempunyai pemahaman tentang gejala-gejala itu dan korelasinya dengan gejala yang lain, dan pada akhirnya dapat merumuskan suatu kesimpulan yang dapat dikomunikasikan kepada orang lain dalam bahasa yang jelas.Dari penulisan ini dapat diambil beberapa kesimpulan yakni, 1) Kondisi sosial dan budaya masyarakat Kediri semakin maju seiring dengan umurnya 1.141 tahun. Dalam sektor-sektor penyumbang perekonomian, Kediri makin meningkatkan kualitas pada banyak bidang. Kediri juga mendapat predikat kotabudaya karena latar belakangnya yang sarat akan karakteristik lokal di tambah asimilasi budaya antara masyarakat dengan santri turut menjaga kebudayaan tersebut. 2) Kiai Ihsan lahir di kalangan keluarga pesantren yang ternama meskipun begitu di masa kecilnya beliau melakukan kenakalan yang sangat meresahkan keluarga yaitu perjudian. Tetapi setelah sadar kesalahannya, Ihsan muda nyantri ke banyak pesantren kemudian dari perjuangannya menimba ilmu dapat melahirkan karya-karya mulai tingkat lokal sampai dunia. 3) Kontribusi Kiai Ihsan ialah memberikan cara pandang yang bijak terhadap persoalan, toleransi terhadap keragaman dan berbagai jenis ilmu yang beliau tulis dalam karyanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Muhammad IlhamAkbarilham1204@gmail.comA92216128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, WasidWasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Adab
Biografi
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Peran kiai; Kiai Ihsan Jampes; kiprah Kiai Ihsan dalam intelektual pesantren; Intelektual pesantren.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Akbar
Date Deposited: 07 Oct 2020 07:56
Last Modified: 07 Oct 2020 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44405

Actions (login required)

View Item View Item