Analisis yuridis terhadap ketahanan keluarga pasangan tunagrahita di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjaeni, Desika Meli (2020) Analisis yuridis terhadap ketahanan keluarga pasangan tunagrahita di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Desika Meli Anjaeni_C01216009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Analisis Yuridis Terhadap Ketahanan Keluarga Pasangan Tunagrahita di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo untuk menjawab pertanyaan Bagaimana Analisis Hukum Islam terhadap Ketahanan keluarga pasangan tunagrahita di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo dan Bagaimana Analisis Yuridis terhadap Ketahanan keluarga pasangan tunagrahita di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Data Penelitian dihimpun melalui wawancara dan observasi. Selanjutnya dianalisis dengan Teknik deskriptif analisis yang menggunakan pola pikir deduktif, yaitu menganalisis terhadap data yang bersifat umum ke khusus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketahanan keluarga pasangan tunagrahita di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo dapat dikatakan mampu memenuhi indikator ketahanan keluarga. Serta ketahanan keluarga pasangan tunagrahita telah sesuai dengan Pasal 3 Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomer 6 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga. Pasal 2 dan Pasal 14 Kompilasi Hukum Islam. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan dengan ketahanan keluarga pasangan tunagrahita disarankan. Pertama, pasangan tunagrahita hendaknya berupaya dalam pemenuhan indikator ketahanan keluarga yang belum dapat dipenuhi, agar kesejahteraan keluarganya dapat diselaraskan seperti keluarga normal yang lainya. Kedua, masyarakat di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo hendaknya selalu membantu dalam pemenuhan indikator ketahanan keluarga pasangan tunagrahita, agar pasangan tunagrahita dapat menghidupkan keharmonisan dan cinta kasih di dalam keluarganya.Ketiga,Pemerintah hendaknya lebih mengoptimalkan keberlagsungan hidup pasangan tunagrahita dalam pemenuhan ketahanan keluarga, sehingga pasangan tunagrahita dapat melahirkan keturunan normal yang dapat memutus manta rantai keturunan tunagrahita dimasa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjaeni, Desika Melidesikameli12@gmail.comC01216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusarrofa, Itaitaisme@gmail.com2001087901
Subjects: Hukum
Perkawinan
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Ketahanan keluarga pasangan tunagrahita; Keluarga; Tuna grahita.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Desika Meli Anjaeni
Date Deposited: 07 Oct 2020 08:04
Last Modified: 07 Oct 2020 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44402

Actions (login required)

View Item View Item