Perilaku keagamaan bagi anak Single Parent: studi kasus di Griya Kebraon Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Linuwih, Tanding Satrio (2020) Perilaku keagamaan bagi anak Single Parent: studi kasus di Griya Kebraon Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tanding Satrio Linuwih_E72213054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku keagamaan menjadi tolak ukur dalam menilai baik dan buruknya seseorang dalam beragama maupun berinteraksi dengan Tuhan nya. Penelitian ini akan menjawab 3 persoalan yang diantaranya: Pertama, bagaimana deskripsi tentang anak single parents terkait dengan perilaku keagamaan di Griya Kebraon Surabaya. Kedua, faktor apa yang mempengaruhi perilaku keagamaan bagi anak single parents. Ketiga, bagaimana pola asuh yang di terapkan dalam keluarga yang single parents. Adapun Pendekatan yang peneliti gunakan psikologi agama, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sejalan dengan studi kasus ini, maka teori William James tentang bagaimana cara kita mengatasi ketakutan dengan menjadikannya sebagai sekutu bukan lawan. Sehingga banyak kemampuan yang ada pada diri masing-masing digunakan untuk hal yang lebih penting lainnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Perilaku tentang keagamaan merupakan hal yang penting, perilaku dalam beragama menjadi salah satu acuan baik tidaknya seseorang dalam menjalani hidup kesehariannya. Perilaku keagamaan selalu identik dengan kebaikan, baik antar sesamama individu (manusia) atupun kepada Tuhan. 2). Dalam faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keagamaan bisa dari mana saja, dari teman dekat juga menjadi faktor salah satunya, akan tetapi keluargalah yang paling berpengaruh dalam membentuk perilaku keagamaan. 3). Solusi terbaik untuk anak-anak tersebut bukanlah psikolog, guru dan ulama, melainkan orangtua yaitu ayah dan ibunya di rumah yang dapat berperan dan berfungsi selayaknya orang tua. Komunikasi menjadi solusi terbaik dalam memahami maksud dan tujuan masing-masing, selain itu dengan memberikan pola asuh yang tepat sehingga dalam mendidik anak dapat berjalan dengan baik, anak tidak di paksakan memahami orang tua begitu juga orang tua di paksakan menuruti semua keinginan anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Linuwih, Tanding Satriotandingsatrio@gmail.comE72213054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhadijah, Khadijahuchykhadijah7@gmail.com2010116601
Subjects: Psikologi
Perilaku
Keywords: Perilaku keagamaan; Single parent.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Tanding Satrio Linuwih
Date Deposited: 06 Oct 2020 09:02
Last Modified: 06 Oct 2020 09:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44398

Actions (login required)

View Item View Item