Politik ekologi pada aras local: studi kasus rencana pembangunan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun Desa Tlogoretno Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavian, Faizal (2020) Politik ekologi pada aras local: studi kasus rencana pembangunan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun Desa Tlogoretno Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizal Oktavian_l01216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyak kasus lingkungan tercemar limbah dan mempengaruhi kesehatan manusia, pada hakikatnya masyarakat sekitar paling dirugikan, ketika lingkungan sudah terkontaminasi limbah akan mengalami kerusakan ekologi lingkungan, secara otomatis limbah akan mencemari sumber air, air tanah, serta tanaman di lingkungan sekitar, dari sudut pandang kepentingan perkonomian, industrialisasi memang penting jugauntuk pertumbuhan ekonomi, dan stabilistas. Namun industialisasi limbah B3, bukanlah solusi maupun langkah tujuan akhir, pembangunan hanya salah satu upaya strategi kepentingan elit pemerintah pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mendeskripsikan berbagai temuan yang ditemukan oleh peneliti, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, dengan teknik snowball samplingyang diperoleh bertanya lebih lanjut kepada informan sebelumnya mengenai siapa saja yang patut diwawancarai untuk memperoleh informasi yang valid dan relevan. Teori yang digunakan dalam melihat kasus ini adalah Teori Politik Hijau Burchill dan Linklater. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terjadi perbedaan pandangan dari unsure birokrasi desa yang bermuaranya pada penyikapan yang dilematis, sedangkan dari unsur masyarakat sekitar menolak dengan adanya pembangunan pabrik pengolahan limbah B3 di desa Tlogoretno kecamatan brondong kabupaten lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavian, Faizalal.imantvsby@gmail.comI01216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muhammadismail.muchammad@gmail.com2003058001
Subjects: Kebijakan Publik
Problem Based Instruction
Keywords: Politik ekologi; Industrialisasi; limbah B3
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Faizal Oktavian
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:34
Last Modified: 06 Oct 2020 03:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44386

Actions (login required)

View Item View Item