Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran : studi kasus di RA Al-Amin Anggaswangi-Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noviyanti, Anisya (2020) Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran : studi kasus di RA Al-Amin Anggaswangi-Sukodono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisya Noviyanti_D98216028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian adalah peraturan pemerintah yang menyatakan bahwa untuk menjadi seorang guru pada jenjang anak usia dini harus berasal dari lulusan S1 pada bidang pendidikan anak usia dini atau psikologi dan mengembangkan secara utuh kompetensi guru PAUD yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Salah satu kompetensi yang wajib dimiliki guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas adalah kompetensi pedagogik. Sementara itu, di RA Al-Amin ini masih terdapat guru yang memiliki latar belakang pendidikan yang tidak linier. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan kepala sekolah bersama guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik serta pengaplikasian kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1). Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di RA Al Amin Anggaswangi – Sukodono dan (2). Bagaimana kompetensi pedagogik guru terhadap pembelajaran di RA Al-Amin Anggaswangi – Sukodono. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan, teknik pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah bersama guru telah melakukan upaya yang cukup maksimal dalam meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru. Seluruh komponen dalam kompetensi pedagogik telah dimiliki oleh salah satu guru kelompok B yang secara garis besar telah diaktualisasikan dalam pembelajaran walaupun, beliau tidak berasal dari lulusan S1 PG-PAUD maupun psikologi. Sebagai seorang guru kelas beliau telah memahami karakteristik anak sesuai dengan aspek perkembangan dan usia anak. Dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran beliau selalu menyusun rencana pembelajaran yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan di kelas. Saat menyampaikan materi pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran. Setelah kegiatan pembelajaran berakhir beliau selalu melakukan penilaian kepada anak untuk mengetahui perkembangan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noviyanti, Anisyaanisya.noviyanti@gmail.comD98216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Kompetensi Pedagogik; Guru; Pembelajaran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Anisya Noviyanti
Date Deposited: 05 Oct 2020 11:19
Last Modified: 05 Oct 2020 11:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44379

Actions (login required)

View Item View Item