Penguatan kapasitas komunitas BAS (Bonek Asli Surabaya) melalui ekonomi kreatif kaos lukis di Kelurahan Panjang Jiwo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widianto, Tember Priyogi (2020) Penguatan kapasitas komunitas BAS (Bonek Asli Surabaya) melalui ekonomi kreatif kaos lukis di Kelurahan Panjang Jiwo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tember Priyogi Widianto_B72214044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan Komunitas Bonek Asli Surabaya dalam upaya penguatan kapasitas komunitas melalui ekonomi kreatif berupa kaos lukis). Fokus pendampingan dalam penelitian ini meliputi : 1) Aset dan potensi apa saja yang ditemukan pada Komunitas BAS (Bonek Asli Surabaya) ? 2) Bagaimana strategi pendampingan yang dilakukan dalam upaya penguatan kreatifitas komunitas terhadap pemuda BAS (Bonek Asli Surabaya) ? 3) Bagaimana perubahan yang dihasilkan dari adanya proses pendampingan ?. Pada proses pendampingan ini, menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yaitu pendekatan berbasis aset yang memiliki tahapan 4-D yaitu: Discovery, Dream, Design dan Destiny. Strategi yang dilakukan, menekankan pada keberadaan Local Leader yaitu Ketua Komuitas BAS (Bonek Asli Surabaya) dengan menjalin hubungan baik untuk menciptakan kedekatan. Hasil dari pendampingan ini adalah meningkatnya kesadaran komunitas akan keinginan untuk mengembangkan aset yang dimiliki, serta dapat berwirausaha dengan berbisnis kaos lukis yang diproduksi sendiri sekaligus menjadi sumber pemasukan ekonomi komunitas BAS (Bonek Asli Surabaya).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widianto, Tember Priyogi--B72214044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Ekonomi
Industri Kecil
Keywords: Komunitas BAS (Bonek Asli Surabaya); Bonek; Ekonomi kreatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Tember Priyogi
Date Deposited: 10 Oct 2020 10:54
Last Modified: 10 Oct 2020 10:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44355

Actions (login required)

View Item View Item