Sejarah dan perkembangan Masjid Agung Tuban Tahun 1987- sekarang: studi tentang fungsi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Nafita Amelia Nur (2020) Sejarah dan perkembangan Masjid Agung Tuban Tahun 1987- sekarang: studi tentang fungsi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafita Amelia Nur Hanifah_A92216094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pendekatan historis. Sedangkan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, yang terdiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi, serta teori yang digunakan yaitu teori struktural fungsional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulan bahwa: 1). Masjid merupakan tempat untuk melakukan segala aktivitas yang di dalamnya mengandung unsur kepatuhan. Sedangkan karakteristik Masjid di Indonesia, khususnya di Jawa identik dengan penggunaan atap tumpang, mempunyai mihrab, terletak di sebelah barat alun-alun, dan berdenah persegi, seperti pada Masjid Agung Demak dan Masjid Menara Kudus. 2). Masjid Agung Tuban berdiri pada tanggal 29 Juli 1894 oleh Raden Toemenggong Koesoemodikdo. Mengalami perkembangan dari segi fisik terjadi pada tahun 1960-an dengan menambah serambi kanan dan kiri, tahun 1987 terjadi renovasi dengan tujuan memperindah bentuk bangunan, pada tahun 2004 renovasi total yakni penambahan lantai, sayab kiri dan kanan, enam menara, lima kubah dan air mancur. Dan tahun 2016 terjadi penyempurnaan dengan penambahan 4 payung di halaman masjid. 3). Masjid Agung Tuban memiliki fungsi yang luas yakni pada bidang keagamaan, bidang sosial, dan sebagai objek wisata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Nafita Amelia Nurnafitaamelia25@gmail.comA92216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Ridwan Abu--2017075901
Subjects: Arsitektur
Islam dan Humanisme
Masjid
Keywords: Sejarah dan Perkembangan Masjid Agung Tuban ; Masjid.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hanifah Nafita Amelia Nur
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:24
Last Modified: 04 Oct 2020 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44351

Actions (login required)

View Item View Item