Panti asuhan dan OTA (Orang Tua Asuh) al-Hidayah di Junwangi Krian Sidoarjo sejarah dan aktifitasnya (2011-2017)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utsman, Muhammad Ali (2020) Panti asuhan dan OTA (Orang Tua Asuh) al-Hidayah di Junwangi Krian Sidoarjo sejarah dan aktifitasnya (2011-2017). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ali Utsman_A02213064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dapat ditarik beberapa pengkajian yang menjadi amatan skripsi ini seperti mana tercantum dalam rumusan masalah, yaitu ; (1) Bagaimana sejarah berdirinya Panti Asuhan dan OTA (Orang Tua Asuh) Al-Hidayah (2) Bagaimana perkembangan Panti Asuhan dan OTA (Orang Tua Asuh) Al-Hidayah (3) Apa kontribusi Panti Asuhan dan OTA (Orang Tua Asuh) Al-Hidayah terhadap masyarakat sekitar. Penulisan skripsi ini dirangkai dengan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik terhadap keaslian data), interpretasi (penafsiran sumber data), dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang dipilih penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan pendekatan sosiologis. Dengan menggunakan pendekatan historis penulis bertujuan untuk menggambarkan apa saja yang terjadi di masa lampau. Sedangkan pendekatan sosiologis bila dipergunakan dalam penelitian, maka di dalamnya akan terungkap segi-segi sosial dari peristiwa yang dikaji. Konstruksi sejarah dengan pendekatan sosiologis itu bahkan dapat pula dikatakan sebagai sejarah sosial, karena pembahasannya mencakup golongan sosial yang berperan, jenis hubungan sosial, konflik berdasarkan kepentingan, pelapisan sosial, peranan dan status sosial, dan sebagainya. Selain itu, penulis juga menggunakan teori pendekatan sosial. Teori merupakan pedoman guna mempermudah jalannya penelitian dan sebagai pegangan pokok bagi peneliti dalam memecahkan masalah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori “continutity and change”. Menurut Claire Holt pada tahun 1967 dalam bukunya yang berjudul “Art In Indonesia: continuity and change”. Dengan teori tersebut penulis akan menjabarkan secara rinci persoalan-persoalan berkelanjutan yang terjadi di dalam lingkungan Panti Asuhan dan OTA (Orang Tua Asuh) Al-Hidayah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Yayasan PA OTA Al-Hidayah didirikan pada tahun 2011, dimulai perintisannya pada tahun 2010 oleh bapak Darmaji diiringi para pendiri. (2) Yayasan PA OTA Al-Hidayah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, pada beberapa aspek seperti pertumbuhan jumlah pengasuh, jumlah anak asuhan, prestasi anak asuhan, dan juga fasilitas yang disediakan. (3) Kontribusi Yayasan PA OTA Al-Hidayah memiliki peran dan kontribusi dalam pendidikan dengan adanya TPQ beserta kegiatan keterampilan untuk anak asuhan dalam bidang keagamaan dengan kegiatan-kegiatan agamis baik untuk anak asuhan maupun masyarakat sekitar dan untuk bidang sosial Yayasan PA OTA Al-Hidayah bersosialisasi dengan membantu kaum duafa’, janda maupun masyarakat di sekitar panti asuhan yang tidak mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utsman, Muhammad Aliwingknight9495@gmail.comA02213064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@yahoo.com2003015501
Subjects: Panti Asuhan
Orang tua dan Anak
Keywords: Panti asuhan; OTA (Orang Tua Asuh) al-Hidayah; sejarah (2011-2017)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Utsman Muhammad Ali
Date Deposited: 12 Oct 2020 12:42
Last Modified: 12 Oct 2020 12:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44350

Actions (login required)

View Item View Item