Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan pendekatan Open-Ended di MTs Nurul Islam Pungging.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulah, Atiqotul (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan pendekatan Open-Ended di MTs Nurul Islam Pungging. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atiqotul Maulah_D74215031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fakta dilapangan masih banyak sekolah yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional (metode ceramah), sehingga peserta didik kurang termotivasi ketika mengikuti pembelajaran. Untuk itu diperlukan sebuah pembelajaran yang dapat memotivasi dan membuat aktif peserta didik. Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan pendekatan Open Ended ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan untuk meningkatkaan hasil belajar peserta didik. Pengembangan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Karena keterbatasan penelitian yang disebabkan adanya pandemi COVID-19 maka penelitian ini tidak bisa dilaksanakan dan hanya dibatasi tiga tahapan yaitu Analysis, Design, Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Catatan Lapangan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, dan Teknik Validasi Ahli untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Proses pengembangan parangkat ini mencakup tiga tahapan yakni : Analysis, Design, Development. Hasil dari tahap analisis tersebut menyatakan bahwa sekolah tersebut menggunakan Kurikulum 2013, selain itu peserta didik seringkali merasa malas saat pembelajaran matematika sehingga model yang digunakan yaitu kooperatif tipe Make A Match, dan materi yang diajarkan yaitu bangun ruang sisi datar. Sedangkan pada tahap design ini peneliti membuat rancangan perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan LKPD. Kemudian pada tahap development, perangkat divalidasi oleh empat validator untuk menyempurnakan perangkat pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match dengan pendekatan Open Ended. Hasil dari penilaian validator termasuk dalam kategori “valid” dengan perolehan nilai rata-rata total kevalidan sebesar 3,97 untuk RPP dan 3,32 untuk LKPD. Masing-masing perangkat dikatakan “praktis” dengan perolehan rata-rata penilaian RPP dan LKPD yaitu B yang artinya dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulah, Atiqotulatiqotul.maulah25@gmail.comD74215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kooperatif; Make A Match; Open Ended.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Atiqotul Maulah
Date Deposited: 03 Oct 2020 09:41
Last Modified: 03 Oct 2020 09:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44349

Actions (login required)

View Item View Item