Pembinaan kedisiplinan diri siswa di TK Muslimat Nurul Hidayah Desa Banyubang Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Rachmawati nurul (2020) Pembinaan kedisiplinan diri siswa di TK Muslimat Nurul Hidayah Desa Banyubang Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachmawati Nurul Aini_D98216050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembinaan kedisiplinan diri siswa TK Muslimat Nurul Hidayah Banyubang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sebagai validasi data. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi TK Muslimat Nurul Hidayah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan proses penyimpulan deduktif dan induktif dengan analisis pada dinamika hubungan antar fenomena yang sudah diamati dengan menggunakan logika. Hasil penelitian ini menemukan dua kategori temuan. Pertama, proses pembinaan kedisiplinan diri siswa TK Muslimat Nurul Hidayah Banyubang menggunakan metode pembiasaan, disiplin ini menjadi salah satu yang dilakukan untuk pembiasaan kepada siswa dalam berfikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran islam. Metode ini sangat praktis untuk memulai pembinaan kedisiplinan diri siswa dalam membentuk karakter anak usia dini dalam peningkatan pembiasaan-pembiasaan pada waktu kegiatan di sekolah. Kedua, dari hasil observasi dan wawancara hasil pembinaan kedisiplinan diri siswa TK Muslimat Nurul Hidayah Banyubang adalah anak menjadi disiplin terhadap waktu yaitu sebagian besar siswa mau mengikuti apa yang diinstruksikan pada gurunya karena mereka merasa tertarik dengan materi yang akan diberikan, disiplin terhadap waktu misalnya sebagian besar siswa rajin berangkat pagi agar bisa mendapat nomor urut kedatangan yang awal, karena siswa mengetahui kalau rajin datang awal dan mendapatklan nomor 1 – 5 dengan rekapan terbanyak akan mendapat reward dari guru dan akan diberikan hadiahnya dengan hasil rekapan setiap satu semester 1 kali, siswa juga telah memahami fungsi dari kalung nomornya yang setiap pagi dipakai. Saran untuk guru agar bisa mempertahankan pembinaan kedisiplinan diri siswa atau bisa lebih meningkatkan lagi. Bagi peneliti yang akan datang perlu mempersiapkan penelitian sebagai instrumen utama pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Rachmawati nurulrachmawatinurul991@gmail.comD98216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Disiplin Sekolah
Anak > Kepribadian
Keywords: Pembinaan; Kedisiplinan; Diri Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rachmawati Nurul Aini
Date Deposited: 01 Oct 2020 12:02
Last Modified: 01 Oct 2020 12:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44308

Actions (login required)

View Item View Item